Peran Islamic Corporate Social Responsibility dalam Memoderasi Pengaruh Zakat Terhadap Kinerja Bank Umum Syariah
Abstract
The aim of this study is to investigate the role of Islamic Corporate Social Responsibility in moderating the effect of zakat on Islamic commercial banks’ financial performance. Out of 13 Islamic commercial bank listed by Otoritas Jasa Keuangan from 2012 to 2017, there were only five banks reporting Statement of Zakat Fund Sources and Disbursements. Hence, the final samples of this study consist of 30 observation data. Secondary data collected from 30 annual reports were gathered through documentation. This study utilizes moderated regression analysis to test three research hypotheses. The results shows several findings. Firstly, the amount of corporate zakat being reported in the Statement of Zakat Fund Sources and Disbursements has positive impact on Islamic banks’ financial performance. Secondly, Islamic CSR as measured by Islamic reporting index developed by Belal et al. (2015) has negative impact on Islamic Banks’ financial performance. Thirdly, the role of Islamic CSR in moderating the effect of zakat on financial performance was confirmed.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Islamic Corporate Social Responsibility dalam memoderasi pengaruh zakat terhadap kinerja keuangan bank umum syariah. Dari 13 bank umum syariah yang terdaftar oleh Otoritas Jasa Keuangan dari tahun 2012 hingga 2017, hanya ada lima bank yang melaporkan Pernyataan Sumber dan Pencairan Dana Zakat. Sehingga sampel akhir dari penelitian ini terdiri dari 30 data observasi. Data sekunder yang dikumpulkan dari 30 laporan tahunan dikumpulkan melalui dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis regresi yang dimoderasi untuk menguji tiga hipotesis penelitian. Hasilnya menunjukkan beberapa temuan. Pertama, jumlah zakat perusahaan yang dilaporkan dalam Laporan Sumber dan Pencairan Dana Zakat berdampak positif terhadap kinerja keuangan bank syariah. Kedua, CSR Islami yang diukur dengan indeks pelaporan Islam yang dikembangkan oleh Belal et al. (2015) berdampak negatif terhadap kinerja keuangan Bank Islam. Ketiga, peran CSR Islam dalam memoderasi pengaruh zakat terhadap kinerja keuangan dikonfirmasi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, M. (1988). Sistem ekonomi islam zakat dan wakaf (Edisi 1), Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press).
Amirah & Raharjo, T, B. (2013). Pengaruh alokasi dana zakat terhadap kinerja keuangan perbankan syariah, 73-81.
Arifin, J., & Wardani, E. (2016). Islamic corporate social responsibility disclosure, reputasi, dan kinerja keuangan: studi pada bank syariah di Indonesia. Jurnal Akuntansi & Auditing Indonesia, 20(01), 37-46.
Belal, A., Abdelsalam, O., Nizamee, S. (2015). Ethical reporting in Islamic Bank Bangladesh limited (1983-2010). Journal of business ethics, 1-39.
Firmansyah, I., & Rusydiana, A. (2013). Pengaruh profitabilitas terhadap pengeluaran zakat pada Bank Umum Syariah di Indonesia dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi. Jurnal Liquidity, 2(2), 110-116.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan proram IBM SPSS 25. Semarang: Universitas Diponegoro.
Gujarati, N., Damodar. (2003). Basic econometrics international edition (Edisi 4). New York: Mc GRAW-HILL.
Hafidhuddin, D. (2002). Zakat dalam perekonomian modern (Edisi 1). Jakarta: Gema Insani.
Indrayani dan Risna (2018) Pengaruh Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR) dan Shariah Governance terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Empiris Bank Umum Syariah yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2016), Jurnal Akuntansi, Keuangan dan Perpajakan Indonesia, 6(01).
Kurniawan, A., & Suliyanto. (2013). Zakat sebagai aspek tabaru dan pengungkapan islamic social reporting terhadap kinerja keuangan: sebuah agenda penelitian. Jurnal Akuntansi, 51-68
Lestari, A. (2018). Analisis pengaruh ICSR (Islamic Corporate Social Responsibility) dan zakat terhadap reputasi dan profitabilitas perusahaan: studi empiris pada bank syariah di Indonesia. Dikutip pada https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/7633. diakses pada tanggal 08 Januari 2019, jam 10.00.
Muhammad (2005). Konstruksi mudharabah dalam bisnis syariah. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
Nugraha, I.S. (2019) Pengaruh Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR) dan Islamic Corporate Governance (ICG) terhadap Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah Menggunakan Islamicity Performance Index (Survei pada Bank Umum Syairah yang terdaftar di OJK). Sarjana Tehsis, Universitas Siliwangi.
Nurhayati, Sri dan Wasilah. (2014). Akuntansi syariah di Indonesia (Edisi 4). Jakarta: Salemba Empat.
Republika.co.id (2019). Kemenag: Potensi zakat nasional capai Rp 217 Triliun. Dikutip pada https://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/18/02/23/p4m1gs409-kemenag-potensi-zakat-nasional-capai-rp-217-triliun. diakses pada tanggal 07 November 2019, jam 10:50.
Republika.co.id (2019). BNI Syariah dorong dana zakat di perbankan syariah. Dikutip pada https://www.republika.co.id/berita/ekonomi/syariah-ekonomi/18/03/20/p5w6a0415-bni-syariah-dorong-dana-zakat-di-perbankan-syariah. diakses pada tanggal 07 November 2019, jam 13.00.
Rhamadhani, R. (2016). Pengaruh zakat terhadap kinerja perusahaan. Hunafa: Jurnal Studia Islamika, 13(2), 344-361.
Sawitri, D, R., Jauanda, A., & Jati, A, W. (2017). Analisis pengungkapan corporate social responsibility perbankan syariah Indonesia berdasarkan Islamic Social Reportng Index. Jurnal Reviu Akuntansi & Keuangan, 7(1), 983-991.
Sharma, Subahash. (1981). Identification and Analysis of Moderator Variables, Journal of Marketing Research Vol. XVIII.
Sidik, I., & Reskino. (2016). Zakat and Islamic corporate social responsibility: Do these effect the performance of sharia banks?. Journal of economics and business, 1(2), 161-184.
Sholekhah, Eka Nikmatush. (2018) Pengaruh pengungkapan Islamic corporate social responsibility terhadap kinerja keuangan dengan good corporate Governance sebagai variabel moderating: Studi empiris pada Bank Syariah di Indonesia. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Sugiyono. (2004). Metode penelitian. Bandung: Alfabeta.
Wardiwiyono, S. (2013). Toward Sustainable Success trough Corporate Social Responsibilites: An Islamic Perspective, International Journal of Green Economics, 7(1), page 86-101.
Wardiwiyono, S. (2017). Islamic Corporate Social Responsibility Disclosure in Organization of Cooperation Countries. Unpublished PhD thesis, University of Huddersfield.
DOI: https://doi.org/10.35836/jakis.v9i1.241
Article metrics
Abstract views : 3604 | views : 2660Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Sartini Wardiwiyono, Arty Fitria Jayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JAKIs was indexed by: