Analisis Strategi Pemasaran pada Usaha Snack Makar Makanan Rakyat

Siti Irawati, Ucu Musahidah, Wirda Hilwa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi alternatif pemasaran untuk meningkatkan penjualan pada usaha Snack Makar Makanan Rakyat. Menggunakan pendekatan strategi pemasaran STP (Segmenting, Targeting, Positioning) dan Bauran Pemasaran 4P (Product, Place, Price, Promotion) yang diterapkan pada usaha Snack Makar Makanan Rakyat. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan usaha Snack Makar Makanan Rakyat sebagai objek penelitiannya. Teknik analisis data menggunakan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat), matriks IFE-EFE, matriks IE, matriks SWOT, dan matriks QSPM. Hasil analisis matriks IFE-EFE memperoleh total skor matriks IFE 2,63 dan total matriks EFE 3,17. Pada matriks IE menunjukan berada pada posisi sel I dan II berada pada tahap grow and build. Hasil analisis matriks SWOT merekomendasikan 12 alternatif strategi yang kemudian diurutkan menggunakan matriks QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) untuk mengetahui strategi prioritas utama dari berbagai strategi alternatif yang ada. Adapun dari 12 alternatif strategi terdapat strategi prioritas utama yaitu: Meningkatkan kerjasama dengan reseller, sekolah, dan warung untuk memperluas distribusi produk secara offline dan memanfaatkan teknologi dan informasi untuk memperluas jangkauan promosi dan penjualan produk seperti berjualan online atau digital marketing.

Keywords


Strategi Pemasaran, STP; Matriks IFE-EFE; Matriks SWOT; Matriks QSPM

Full Text:

PDF

References


Agustin, R. D. (2020). 4 Fungsi Strategi Pemasaran untuk Kemajuan Bisnis. https://www.jurnal.id/id/blog/fungsi-strategi-pemasaran/

Amri, F. (2017). Permasalahan umkm: strategi dan kebijakan. Lecturer Repository.

Basuki, B. P. (2022). UMKM Goes Digital. https://djpb.kemenkeu.go.id/kanwil/ntt/id/data-publikasi/artikel/2886-umkm-goes-digital.html

Djiwa Utama, I. (2019). Analisis strategi pemasaran pada usaha mikro kecil dan menengah (umkm) pada era digital di kota bandung. EQUILIBRIU, 1–10.

Erica, D., Hoiriah, H., & Vidada, I. A. (2023). Analisa SWOT dengan Matriks IFE & EFE pada Tokopedia. Jurnal Orientasi Bisnis Dan Entrepreneurship (JOBS), 3(2), 64–73. https://doi.org/10.33476/jobs.v3i2.2680

Hidayatullah, A. R., Andesta, D., & Dahda, S. S. (2020). Pendekatan Metode Analisis Swot Matriks IFE & EFE Dan Analitycal Hierarchy Process Pada Strategi Pemasaran UKM Bu Muzana. Justi (Jurnal Sistem Dan Teknik Industri), 1(4), 553.

Ismanto, J. (2020). Manajemen Pemasaran. In UNPAM PRESS: Tangerang (Issue 1).

Kencana, M. R. B. (2022). Kemenperin Catat Industri Makanan dan Minuman Tumbuh 3,57 Persen di Kuartal III 2022. https://www.liputan6.com/bisnis/read/5123613/kemenperin-catat-industri-makanan-dan-minuman-tumbuh-357-persen-di-kuartal-iii-2022?page=3

Kotler, P., & Keller, K. (2007). Manajemen Pemasaran edisi 12 jilid 1. In Jakarta: PT. Indeks.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2004). Dasar-Dasar Pemasaran .(A. Sindoro, Trans.) Jakarta: PT Indeks Gramedia.

Librianty, A. (2021). UMKM di Perkotaan Lebih Merasa Dampak Pandemi Covid-19.

Limanseto, H. (2021). UMKM Menjadi Pilar Penting dalam Perekonomian Indonesia. https://ekon.go.id/publikasi/detail/2969/umkm-menjadi-pilar-penting-dalam-perekonomian-indonesia

Linawati, S. (2019). Analisis Segmentasi, Targeting, dan Positioning pada Konsumen Nomu9 Bites and Beverages di Kota Malang. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 12–26.

Nabilah, S., Lubis, A., & Tarigan, E. D. S. (2019). Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen pada Aroma Bakery dan Cake Medan. Jurnal Ekonomi Manajemen, 4.

Rangkuti, F. (2011). SWOT Balanced Scorecard Teknik Menyusun Strategi Korporat Yang Efektif plus Cara Mengelola Kinerja dan Risiko (2011th ed.). PT Gramedia Pustaka Utama.

Sayekti, I. M. S. (2022). Kontribusi Industri Makanan dan Minuman Tembus 37,77 Persen. https://pressrelease.kontan.co.id/news/kontribusi-industri-makanan-dan-minuman-tembus-3777-persen

Tjiptono, F. (2004). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi, 13, 66–84.

Victoria, A. O. (2021). Hanya 12,5% UMKM di Indonesia yang Kebal dari Pandemi Covid-19. https://katadata.co.id/finansial/makro/605d9f635fdf7/hanya-12-5-umkm-di-indonesia-yang-kebal-dari-pandemi-covid-19

Wijaya, H., & Sirine, H. (2016). Strategi Segmenting, Targeting, Positioning Serta Strategi Harga Pada Perusahaan Kecap Blekok Di Cilacap. Ajie, 1(3), 175–190. https://doi.org/10.20885/ajie.vol1.iss3.art2




DOI: https://doi.org/10.61111/great.v2i1.837

Article metrics

Abstract views : 19 | views : 11

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

 

Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) SEBI

AddressJl. Raya Bojongsari, Pondok Rangga, Kec. Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat 16517, Indonesia