Analisis Penerapan Strategi Bauran Pemasaran Pada Bisnis Agrowisata (Studi Kasus CV. Empang Emak Niyah)

Diana Eri Syafitri, Mawardi Nur

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran yang diterapkan oleh CV. Empang Emak Niyah, dengan mencakup konsep STP (Segmentation, Targeting, Positioning) dan marketing mix 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Evidence). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dalam bentuk penelitian lapangan (field research) dengan melibatkan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi bersama CEO dan pihak terkait di CV. Empang Emak Niyah. Hasil temuan penelitian ini mengungkapkan kekurangan dari strategi pemasaran yang diterapkan oleh CV. Empang Emak Niyah, khususnya pada variabel place dan promotion dalam bauran pemasaran. Temuan ini mengindikasikan perlunya perhatian khusus pada aspek-aspek tersebut guna meningkatkan efektivitas strategi pemasaran perusahaan. Dengan melakukan perbaikan dan pengembangan pada kedua aspek ini, diharapkan CV. Empang Emak Niyah dapat mengoptimalkan strategi pemasarannya, mencapai visibilitas perusahaan yang lebih maksimal, dan meningkatkan daya saing di pasar.



Keywords


CV. Empang Emak Niyah, Strategi, Pemasaran, STP (Segmentation, Targeting, Positioning), Marketing Mix 7P

Full Text:

PDF

References


Adithama, Stephanie Pamela, Martinus Maslim, Yulius Harjoseputro, And Hisyam Rahmawan Suharno. 2017. “Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Dan Reservasi Untuk Rumah Pembinaan.” Jurnal Buana Informatika 8(4): 213–24.

Ansori. 2015. “Pengertian Fasilitas.” Paper Knowledge . Toward A Media History Of Documents 3(April): 49–58.

Aryatiningrum, Dan Insyirah. 2020. “Bab Ii Kajianpustaka 2.1.” Doctoral Dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia 2(1): 9–32.

Assauri, Sofjan. 2012. Strategic Marketing: Sustaining Lifetime Customer Value. 1st Ed. Jakarta: Rajawali Pers.

Assauri, Sofjan. 2014. Manajemen Pemasaran. 1st Ed. Jakarta: Rajawali Pers.

Ayun, Qurotu, Shidiq Kurniawan, And Wahyu Adhi Saputro. 2020. “Perkembangan Konversi Lahan Pertanian Di Bagian Negara Agraris.” Vigor: Jurnal Ilmu Pertanian Tropika Dan Subtropika 5(2): 38–44.

Dimyati, Mohamad. 2018. Pendekatan Hayati: Strategi Pemasaran Untuk Menghadapi Persaingan Yang Dinamis. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Fatihudin, Didin, And Anang Firmansyah. 2019. Pemasaran Jasa (Strategi, Mengukur Kepuasan, Dan Loyalitas Pelanggan). Yogyakarta: Deepublish.

Hasanah, Hidayatul. 2020. “Pengaruh Kesesuaian Harga Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen BRT (Bus Rapid Transit) Trans Semarang Melalui Kualitas Layanan Sebagai Variabel Intervening.” : 1–88. Http://Lib.Unnes.Ac.Id/17468/1/7101409069.Pdf.

Hendrayani, E. Et Al. 2021. “Manajemen Pemasaran (Dasar & Konsep).” Manajemen Pemasaran.

Ismi, Fauziah. 2022. “Plt. Bupati Bogor: Banyak Potensi UMKM Dan Pertanian Di Gunung Sindur.” Https://Jabarprov.Go.Id/Berita/Plt-Bupati-Bogor-Banyak-Potensi-Umkm-Dan-Pertanian-Di-Gunung-Sindur-6396.

Julius, Yudi, And Nandan Limakrisna. 2016. Manajemen Pemasaran (Model Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan). 1st Ed. Yogyakarta: Deepublish.

Keller, K. L. 2001. “Marketing Management. In Soldering & Surface Mount Technology.” 13(3). Https://Doi.Org/10.1108/Ssmt. 2001.21913cab.040.

Keller, Kotler Dan, And (2016). “Analisis Dan Penerapan Bauran Promosi Pada Toko Adore Batam, 2019.”

Kotler, P., And G. Armstrong. 2018. Prinsip-Prinsip Pemasaran. 12th Ed. Jakarta: Erlangga.

Pradita, Elisabeth Harmonia, Nuriah Yuliati, And Dita Atasa. 2022. “Implementasi Bauran Pemasaran 7P Pada CV. Citra Kreasindo Di Kota Surabaya.” Jurnal Pertanian Agros 24(3): 2022.

Priansa, Donni Juni. 2017. Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung: Pustaka Setia.

Purbohastuti, Arum Wahyuni. 2021. “Efektivitas Bauran Pemasaran Pada Keputusan Pembelian Konsumen Indomaret.” Jurnal Sains Manajemen 7(1): 1–17.

Purwowidhu, CS. 2023. “Kian Melesat Di 2023, Pariwisata Indonesia Bersiap Menuju Level Prapandemi Artikel Ini Telah Tayang Di Situs Media Keuangan | MK+ Dengan Judul ‘Kian Melesat Di 2023, Pariwisata Indonesia Bersiap Menuju Level Prapandemi - Website Name’ Lihat Selengkapnya D.” Https://Mediakeuangan.Kemenkeu.Go.Id/Article/Show/Kian-Melesat-Di-2023-Pariwisata-Indonesia-Bersiap-Menuju-Level-Prapandemi (September 28, 2023).

Rahim, Endang, And Roni Mohamad. 2021. “Strategi Bauran Pemasaran ( Marketing Mix ) Dalam Perspektif Syariah.” Mutawazin (Jurnal Ekonomi Syariah) 2(1): 15–26.

Singgih, Mohamad Nur, And Dan Priyo Sudibyo. 2017. “Analisis Manajemen Komplain Pada Objek Wisata Di Kota Batu.” (Senima 2): 699–712.

Sopuroh, Siti, And Hendri Tanjung. 2022. “Pengaruh Bauran Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Dalam Perspektif Islam.” Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah 5(2): 730–44.

Sugiyono. 2014. Metodologi Penelitian Manajemen. 3rd Ed. Ed. Setiyawami. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran Edisi 4. 4th Ed. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. 2016. Pemasaran: Esensi & Aplikasi. 1st Ed. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. 2017. Service Management - Mewujudkan Layanan Prima. 3rd Ed. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. 2019. Pemasaran Jasa - Prinsip, Penerapan, Dan Penelitian. 1st Ed. Ed. Anastasia Diana. Yogyakarta: Andi Offset.

Widi, Shilvina. 2022. “Pendapatan Devisa Pariwisata Indonesia Melejit Pada 2022.” Https://Dataindonesia.Id/Pariwisata/Detail/Pendapatan-Devisa-Pariwisata-Indonesia-Melejit-Pada-2022 (September 28, 2023).

Windia, Wayan, Made Wirartha, Ketut Suamba, And Made Sarjana. 2007. “Model Pengembangan Agrowisata Di Bali.” Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian 7: 1–14.




DOI: https://doi.org/10.62108/great.v1i2.736

Article metrics

Abstract views : 119 | views : 46

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) SEBI

AddressJl. Raya Bojongsari, Pondok Rangga, Kec. Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat 16517, Indonesia