Zakat, Islamic Corporate Social Responsibility Dan Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah Indonesia
Abstract
This research aims to examine the effect of zakat and Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR) on the financial performance of Sharia Commercial Banks in Indonesia for the 2016-2019 period. This research uses quantitative method. The data uses is secondary data in the from of the annual report of Sharia Commercial Banks registered with the OJK for the 2016-2019 period. The data is collected by using documentation method and literature study method. The data analysis method used is descriptive statistical analysis and regression analysis. The population used is Sharia Commercial Banks in Indonesia registered with the OJK for the 2016-2019 totaling 14 Sharia Commercial Banks, with samples that meet criteria, namely 12 Sharia Commercial Banks, and the sampling technique in this research uses purposive sampling technique. The results obtained in this research are that zakat has a significant effect on the financial performance of Sharia Commercial Banks. And Islamic Corporate Social Responsibility does not effect the financial performance of Sharia Commercial Banks because the greater the ICSR disclosure value in Sharia Commercial Banks does not make the financial performance of Sharia Commercial Banks god or bad and vice versa.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh zakat dan Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR) terhadap kinerja keuangan Bank Umum Syariah di Indonesia periode 2016-2019. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan tahunan Bank Umum Syariah yang terdaftar di OJK periode 2016-2019. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan metode studi pustaka. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi logistik. Populasi yang digunakan yaitu Bank Umum Syariah di Indonesia yang terdaftar di OJK periode 2016-2019 berjumlah 14 Bank Umum Syariah, dengan sampel yang memenuhi kriteria yaitu 12 Bank Umum Syariah, dan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah zakat berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan Bank Umum Syariah. Dan Islamic Corporate Social Responsibility tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan Bank Umum Syariah dikarenakan semakin besar nilai pengungkapan ICSR dalam suatu Bank Umum Syariah tidak membuat kinerja keuangan Bank Umum Syariah menjadi baik ataupun buruk dan begitu juga sebaliknya.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anam, M. K. (2017). Penerapan PSAK 101 Pada Laporan Dana Zakat dan Dana Kebajikan. Misykat Al-Anwar Jurnal Kajian Islam Dan Masyarakat, 28(2), 1–14.
Andrianto, & Firmansyah, A. (2019). Manajemen Bank Syariah (Implementasi Teori dan Praktik). CV Penerbit Qiara Media.
Arifin, J., & Wardani, E. A. (2016). Islamic Corporate Social Responsibility Disclosure, Reputasi dan Kinerja Keuangan : Studi Pada Bank Syariah di Indonesia. Jurnal Akuntansi & Auditing Indonesia, 20(1), 37–47. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20885/jaai.vol20.iss1.art4
Bhernadha, Y. A., Topowijoyo, & Azizah, D. F. (2017). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Winner of Sustainability Reporting Award (SRA) 2015 Yang Terdaftar di PT BEI Periode 2010-2014). Jurnal Administrasi Bisnis (JBA), 44(1), 134–143.
Eliza, A., & Ramdani, R. F. (2020). Perbandingan Historical Cost dan Current Cost Sebagai Dasar Penilaian Zakat Perbankan Syariah. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Islam, 8(1), 55–70. https://doi.org/https://doi.org/10.35836/jakis.v8i1.126
Fathonih. (2019). The Zakat Way: Strategi dan Langkah-Langkah Optimasi Fungsi Zakat dalam Menyejahterakan Fakir-Miskin di Indonesia (1st ed.). Ihyaaut Tauhiid.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gumanti, T. A. (2009). Teori Sinyal Dalam Manajemen Keuangan. Manajemen Usahawan Indonesia, 38(6), 0–29.
Hadinata, S. (2019). Islamic Social Reporting Index dan Kinerja Keuangan Pada Perbankan Syariah di Indonesia. Ekbis: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 72–95.
Hafidhuddin, D. (2007). Agar Harta Bertambah Berkah. Gema Insani Press.
Harahap, S. S. (2011). Menuju Perumusan Teori Akuntansi Islam. Pustaka Quantum.
Harahap, S. S., Wiroso, & Yusuf, M. (2010). Akuntansi Perbankan Syariah (4th ed.). LPFE Usakti.
Hariyanto, E., & Al-Humaidy, M. A. (2017). Pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR) dan Zakat Perusahaan Pada Lembaga Keuangan Syariah. Duta Media Publishing.
Ilmi, N., Fatimah, S., & Sumarlin. (2020). Pengaruh Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR) dan Zakat Perusahaan Terhadap Kinerja Perbankan dengan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderating Pada Perbankan Syariah di Indonesia (Periode 2015-2019). IBEF: Islamic Banking, Economic and Financial Journal, 1(1), 95–118.
Indrayani, & Risna. (2018). Pengaruh Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR) dan Sharia Governance Terhadap Kinerja Perusahaan “(Studi Empiris Bank Umum Syariah Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2017). Jurnal Akuntansi, Keuangan, Dan Perpajakan Indonesia (JAKPI), 6(01), 68–80.
Ismail. (2011). Perbankan Syariah. Prenamedia Grup.
Kharisma, I., & Mawardi, I. (2014). Implementasi Islamic Corporate Social Responsibility (CSR) Pada PT. Bumi Lingga Pertiwi di Kabupaten Gresik. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 1(1), 36–63.
Kriyantono, R. (2017). Teori-Teori Public Relations Perspektif Barat dan Lokal: Aplikasi Penelitian dan Praktik. Kencana.
Kurniawan, A., & Suliyanto. (2013). Zakat Sebagai Aspek Tabaru dan Pengungkapan Islamic Social Reporting Terhadap Kinerja Keuangan: Sebuah Agenda Penelitian. Performance: Jurnal Personalia, Financial Operasional, Marketing Dan Sistem Informasi, 18(2), 51–68.
Merina, C. I., & Verawaty. (2016). Pengungkapan Indeks Islamic Social Reporting Perusahaan Go Publik yang Listing di Jakarta Islamic Index. Jurnal Ilmiah MBiA, 15(1), 71–84.
Munandar, A., Nurdiniah, D., & Iskandar, D. A. (2019). Analisis Pengaruh Zakat terhadap Kinerja Keuangan : Studi Literatur. Serambi: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(1), 23–32.
Nisa, F. N., & Kurniasari, D. (2017). Pengaruh Islamic Corporate Social Responsibility Disclosure Terhadap Reputasi dan Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index Tahun 2012-2014. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi Terapan, 8(2), 33–55.
Nurhayati, S., & Wasilah. (2011). Akuntansi Syariah di Indonesia. Salemba Empat.
Nurmalia, G., & Ardana, Y. (2019). Analisis Pelaporan Zakat , ICSR, Dewan Pengawas Syariah dan Leverage dalam Mengungkapkan Kinerja Bank Umum Syariah di Indonesia. Cakrawala: Jurnal Studi Islam, 14(2), 113–122. https://doi.org/https://doi.org/10.31603/cakrawala.v14i2.3093
Pramana, I. G. A., & Yadnyana, I. K. (2016). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Perusahaan Manufaktur. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 16(3), 1965–1988.
Rahim, S., & Sahrullah. (2017). Pengelolaan Zakat Perusahaan. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 8(1), 200–215. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18202/jamal.2017.04.7049
Rudianto. (2013). Akuntansi Manajemen: Informasi untuk Pengambilan Keputusan Strategis (S. Saat (ed.)). Erlangga.
Sidik, I., & Reskino. (2016). Pengaruh Zakat dan ICSR terhadap Reputasi dan Kinerja. Simposium Nasional Akuntansi XIX, 1–21.
Syukron, A. (2015). CSR dalam Perspektif Islam dan Perbankan Syariah. Economic: Jurnal Ekonomi Dan Hukum Islam, 5(1), 1–22.
Syurmita, & Fircarina, M. J. (2020). Pengaruh Zakat, Islamic Corporate Social Responsibility dan Penerapan Good Governance Bisnis Syariah terhadap Reputasi dan Kinerja Bank Umum Syariah di Indonesia. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 1(2), 87–97.
Yaya, R., Martawireja, A. E., & Abdurahim, A. (2017). Akuntansi Perbankan Syariah: Teori dan Praktik Kontemporer. Salemba Empat.
Yusuf, M. Y. (2017). Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR) Pada Lemabaga Keuangan Syariah (LKS): Teori dan Praktik (S. Sarah (ed.); 1st ed.). Kencana.
Zanariyatim, A., Bayinah, A. N., & Sahroni, O. (2016). Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Umum Syariah Berdasarkan Islamic Social Reporting Index (Indeks ISR). Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Islam, 4(1), 85–104.
DOI: https://doi.org/10.35836/jakis.v10i1.274
Article metrics
Abstract views : 3186 | views : 2142Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Yolanda Septian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JAKIs was indexed by: