Pengaruh E-WoM dan Perilaku FoMO pada Keputusan Pembelian Impulsif Produk Fesyen di Shopee (Studi kasus Anggota KASEI Jabodetabek)

Rara Ramadani Rahayu, Fahmi Syahbudin, Atiyah Fitri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-WoM dan FoMO Behavior terhadap Keputusan Pembelian Impuls Produk Fashion di Aplikasi Shopee. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota aktif KSEI di Jabodetabek. Dari populasi tersebut diperoleh sampel sebanyak 91 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini merupakan jenis penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan merupakan data primer yang dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM), dan alat analisis SmartPLS 4.0.9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-WoM terhadap keputusan pembelian impulsif berpengaruh positif signifikan, variabel perilaku FoMO terhadap keputusan pembelian impulsif berpengaruh positif signifikan dengan nilai positif.


Keywords


e-WoM (Electronic Word of Mouth), Perilaku FoMO, Keputusan Pembelian Impulsif

Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Ani, J., Lumanauw, B., & Tampenawas, J. L. A. (2021). Pengaruh Citra Merek, Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada E-Commerce Tokopedia Di Kota Manado the Influence of Brand Image, Promotion and Service Quality on Consumer Purchase Decisions on Tokopedia E-Commerce in Manado. 663 Jurnal EMBA, 9(2), 663–674.

Baiquni, M. (2020). Peran E-WOM dan Citra Merek terhadap Niat Beli Smartphone oleh Youtube Viewers. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(4), 1283. https://doi.org/10.26740/jim.v8n4.p1283-1289

Fairuz, Herdiana, A., Pembangunan Nasional, U., & Timur, J. (2023). The Influence Of E-WOM and Discounts on Impulse Buying Behavior Pengaruh E-WOM dan Potongan Harga Terhadap Perilaku Impulse Buying. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(3), 3043–3048. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Fatma, N., Irfan, N. F., & Latiep, I. F. (2021). Analisis Keputusan Pembelian Produk Menggunakan Persepsi Harga dan Kualitas Produk. SEIKO: Journal of Management & Business, 4(2), 533–540.

Fiddinia, H. T. S. (2023). Pengaruh Content Marketing dan Electronic Word of Mouth (E-WOM) Aplikasi Tiktok terhadap Impulse Buying Produk Fashion pada Generasi Z di Kota Surabaya. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(November), 348–360.

Handayani, E. S., & Haryadi, R. (2023). Korelasi Kepribadian Fear Missing Out Terhadap Adiksi Impulsive Online Buying Di Masa Pandemi Pada Anak dan Remaja. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(3), 761–768. https://doi.org/10.51214/bocp.v4i3.439

Herlina, & Destriana Widyaningrum. (2022). Menakar Kecenderungan Perilaku Impulse Buying Belanja Online Generasi Millenial pada Masa Covid-19. Formosa Journal of Multidisciplinary Research, 1(3), 481–492. https://doi.org/10.55927/fjmr.v1i3.605

Hodkinson, C. (2019). ‘Fear of Missing Out’ (FOMO) marketing appeals: A conceptual model. Journal of Marketing Communications, 25(1), 65–88. https://doi.org/10.1080/13527266.2016.1234504

Huwae, V. E., Tabelessy, W., Tamher, E. R., Tehuayo, E., & Lewaherilla, N. C. (2023). The Effect of Brand Image and Electronic Word of Mouth on Xiaomi Smartphone Purchasing Decisions Abstrak. 5(4), 700–716. https://doi.org/10.15575/ks.v5i4.

Imaddudin. (2020). Fear of Missing Out (Fomo) Dan Konsep Diri Generasi-Z: Ditinjau Dari Aspek Komunikasi. JPRMEDCOM: Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal, 2(1), 24–39. https://journal.unsika.ac.id/index.php/JPRMEDCOM

Lamba, S. S. (2021). FoMO Marketing to Millenialls. Notion Press.

Nurjanah, S., Sadiah, A., & Gumilar, R. (2023). Pengaruh Literasi Ekonomi, Kontrol Diri, dan “FOMO”, terhadap Pembelian Impulsif pada Generasi Milenial. Global Education Journal, 1(3), 191–206.

Purwaningdyah, S. W. S. (2019). Pengaruh electronic word of mouth dan food quality terhadap keputusan pembelian. Jurnal Manajemen Maranatha, 19(1), 73–80. https://doi.org/10.28932/jmm.v19i1.1849

Putri, L. S., Purnama, D. H., & Idi, A. (2019). Gaya hidup mahasiswa pengidap Fear of missing out di kota palembang. Jurnal Masyarakat & Budaya, 21(2), 129–148. https://jmb.lipi.go.id/jmb/article/view/867

Ratnaningsih, Y. R. H. A. El. (2022). Pengaruh Fomo, Kesenangan Berbelanja Dan Motivasi Belanja Hedonis Terhadap Keputusan Pembelian Tidak Terencana Di E-Commerce Shopee Pada Waktu Harbolnas Oleh. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(3), 1477–1487.

Robinson, S. P., & Ade Marsinta Arsani MStat. (2022). Aplikasi SmartPLS Untuk Statistisi Pemula (Issue March). www.dewanggapublishing.com

Shilfiyo, & Rumyeni. (2022). Pengaruh Content Marketing Shopee Afiliasi melalui Media Tiktok terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jab, 20(02), 37–48.

Syed Haider, K. . A. R. (2021). The Influence of External Stimuli on Impulsive Buying Behaviour. Journal of Business & Tourism, 4(1), 97–116. https://doi.org/10.34260/jbt.v4i1.93

Ulfa, I. S. S., & Farida, I. A. (2023). Fear Of Missing Out sebagai Prediktor Psychological Well-Being pada Mahasiswa Pengguna Instagram. Flourishing Journal, 3(10), 421–433. https://doi.org/10.17977/10.17977/um070v3i102023p421-433

Wijoyo F, T. S. (2022). Pengaruh website quality, electronic word of mouth, dan hedonic shopping motivation terhadap impluse buying pada e-commerce tokopedia. Agora, 10(1), 1–6.




DOI: https://doi.org/10.61111/great.v2i1.847

Article metrics

Abstract views : 23 | views : 9

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

 

Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) SEBI

AddressJl. Raya Bojongsari, Pondok Rangga, Kec. Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat 16517, Indonesia