PENGARUH CITRA MEREK DAN GREEN PERCEIVED RISK TERHADAP MINAT BELI PRODUK AVOSKIN PADA MUSLIMAH JABODETABEK

Ghina Mar'atusholihah, Donny Setiawan

Abstract


the influence of brand image and Green Perceived Risk on the purchase intention of Avoskin products among Muslim women in Jabodetabek. The population in this study consists of skincare users residing in Jabodetabek. The sampling technique used the Lemeshow formula, resulting in a sample size of 100 individuals. This study employs the Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) version 29.0 for data analysis. Based on the results of the data analysis, it was found that both Brand Image and Green Perceived Risk simultaneously influence purchase intention. However, only one variable significantly influences purchase intention, namely brand image, while the Green Perceived Risk variable is stated to have no significant effect on the purchase intention of Avoskin products.

Keywords: Brand Image, Green Perceived Risk, Purchase Intention


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan  Green Perceived Risk terhadap minat beli produk Avoskin pada penduduk muslimah jabodetabek. Populasi pada penelitian ini adalah pengguna skincare yang berdomisili di Jabodetabek. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus lemeshow dari rumus tersebut diperoleh sampel sebanyak 100 orang. Penelitian ini menggunakan metode analisis Statistical Package For The Social Sciences (SPSS) versi 29.0  berdasarkan hasil analisis data ditemukan secara simultan Citra Merek Dan Green Perceived Risk berpengaruh terhadap minat beli. Sedangkan secara parsial hanya satu variabel yang berpengaruh terhadap minat beli yaitu citra merek, dan variabel Green Perceived Risk dinyatakan tidak berpengaruh terhadap minat beli produk Avoskin. 

Kata Kunci: Citra Merek, Green Perceived Risk, Minat Beli


Keywords


Citra Merek, Green Perceived Risk, Minat Beli

Full Text:

PDF

References


Ardiana, I. N., & Rafida, V. (2023). Pengaruh Green Marketing Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Skincare Avoskin (Studi Pada Mahasiswa Di Kota Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 11(3), 253–261. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/55344%0Ahttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/download/55344/44065

Bambang, Permana, P. (2017). Pengaruh Brand Image, Brand Personality, Brand Experience terhadap Brand Love Dampaknya pada Brand Loyalty Gayo Aceh Coffee PT. Oro Kopi Gayo Kabupaten Aceh Tengah. Jurnal Perspektif Manajemen Dan Perbankan, 8(3), 158–184.

Cahyanti, N. P. I. (2021). Green Trust Memediasi Green Perceived Value Dan Green Perceived Risk Terhadap Green Repurchase Intention. Ni Wayan Ekawati.

Dany, F. W. W. (2024). Kelola Ribuan Ton Sampah, Jakarta Optimalkan RDF Plant dan TPS3R. Kompas.Id. https://www.kompas.id/baca/metro/2024/02/01/kelola-ribuan-ton-sampah-jakarta-optimalkan-rdf-plant-dan-tps3r

Darmastuti, S., Cahyani, I. P., Afrimadona, A., & Ali, S. (2021). Pendekatan Circular Economy Dalam Pengelolaan Sampah Plastik di Karang Taruna Desa Baros, Kecamatan Baros, Kabupaten Serang. Indonesian Journal of Society Engagement, 1(2), 1–18. https://doi.org/10.33753/ijse.v1i2.13

Djakasaputra, A., & Pramono, R. (2020). Green Perceived Risk, Green Viral Communication, Green Perceived Value Against Green Purchase Intention Through Green Satisfaction. Journal Industrial Engineering & Management Research( JIEMAR), 1(2), 2722–8878.

Dwitama, F. (2022). Darurat Sampah, Wali Kota Tangsel Target Perwal Sampah Plastik Rampung Dua Bulan. Medcom.Id.

Erlang Prima Insani. (2013). Analisis Pengaruh Kenyamanan Terhadap Minat Beli Secara Online Pada Pemesanan Tiket Kereta Api Melalui Website Resmi Pt. Kai. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 12(3), 241–260.

Fandira, W., Solistiyowati, M., & Sibuea, T. (2023). Circular Economy: Strategi Utama Dukung Sustainable Development Goals (SDGs) guna Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Dan Perpajakan, 3(1), 2023.

Fauziah, N., & Aziz Mubarok, D. A. (2019). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli : Studi Pada Produk Kecantikan. Image : Jurnal Riset Manajemen, 8(1), 37–44. https://doi.org/10.17509/image.v8i1.22686

Fitriani, A. (2022). PENGARUH GREEN PRODUCT KNOWLEDGE DAN GREEN PERCEIVED RISK TERHADAP MINAT BELI YANG DIMEDIASI OLEH GREEN TRUST (Studi Kasus pada Air Mineral Galon Le Minerale).

Halim, J., & Kempa, S. (2016). Pengaruh Green Perceived Value , Green Perceived Risk , Green Trust , Dan Perceived Price Terhadap Green Purchase Intention Produk Ac Low Watt Di Surabaya. AGORA Vol. 4, No. 1, 4(1), 404–413.

Japarianto, E., & Adelia, S. (2020). Pengaruh Tampilan Web Dan Harga Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Intervening Variable Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 35–43. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.35-43

Kayawati, L., & Kurnia, E. (2021). Membangun Citra Merek Sesuai Konsep Syariah. Economic and Business Management International Journal (EABMIJ), 3(3), 46.

Khija, R., Uttoh, L., & Tarishi, M. K. (2015). Teknik Pengambilan Sampel. Ekp, 13(3), 1576–1580.

Kurniaputri, M. R. (2020). Brand Equity dan Labelisasi Halal dalam Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Produk Lifebuoy. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(3), 450. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i3.1200

Kusumawati, A., & Tiarawati, M. (2022). Pengaruh Green Perceived Risk Dan Green Packaging Terhadap Green Purchase Intention Pada Produk Skincare Avoskin. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(10), 2071–2084. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i10.305

Lisnaningrum, D., Sabihaini, S., & Ghofar, A. (2020). Konsekuensi Green Trust Terhadap Green Perceived Value, Green Perceived Risk dan Green Repurchase Intention. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science), 19(2), 62–74. https://doi.org/10.14710/jspi.v19i2.62-74

Mada, A. La, Hidayanti, I., & Yusuf, I. S. H. (2021). Efek Green Perceived Value dan Risk terhadap Green Repurchase Intention: Green Trust sebagai Pemediasi pada Pengguna Pertalite di Kota Ternate. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 4(3), 326–345. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v4i3.187

Masruroh, N., & Fardian, I. (2022). Ekonomi Sirkular: Sebuah Solusi Masa Depan Berkelanjutan. In Ekonomi Sirkular Dan Pembangunan Berkelanjutan.

Moses, D. (2022). Pemkab Bekasi akan Bentuk Satgas Penanganan Permasalahan Lingkungan Hidup. Bekasikab.Go.Id. https://www.bekasikab.go.id/pemkab-bekasi-akan-bentuk-satgas-penanganan-permasalahan-lingkungan-hidup

Nofriyanti, A. R. (2017). Pengaruh Brand Trust, Brand Image, Perceived Quality, Brand Loyalty Terhadap Brand Equity Pengguna Telkomsel. EKOBIS – Ekonomi Bisnis, 22(2), 130–142.

Pudaruth, S., Juwaheer, T. (2015). Gender-based differences in understanding the purchasing patterns of eco-friendly cosmetics and beauty care products in Mauritius: a study of female customers. Social Responsibility Journal.

Romdhoni, A. H., Sumadi, S., & Firdaus, T. A. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser, Label Halal dan Kualitas Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Pasta Gigi Halal Sasha Siwak di Surakarta. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(2), 2261. https://doi.org/10.29040/jiei.v8i2.5556

Rozalinna, G. M., & Lukman, A. C. (2022). Konsumsi Produk Sustainable Beauty di Masa Pandemi: Menjaga Kesadaran Ekologis ataukah Menjaga Fenomena FOMO (Fear of Missing Out)? Brawijaya Journal of Social Science, 1(02), 57–79. https://doi.org/10.21776/ub.bjss.2022.001.02.4

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach. deepublish.

Shalmont, J. (2020). Sustainable Beauty: Kesiapan Konsumen Di Indonesia Dalam Mengintegrasikan Konsep Keberlanjutan Dalam Pengelolaan Sampah Kemasan Plastik Produk Industri Kecantikan. Law Review, XX(2), 138–168.

Wijaya, B. S. (2013). Dimensions of Brand Image: A Conceptual Review from the Perspective of Brand Communication. European Journal of Business and Management, 5(31), 55–65. https://doi.org/10.13140/ejbm.2013.55.65

Yurindera, N. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Citra Merek Serta Implikasinya Terhadap Minat Beli Motor Honda Beat Series. Jurnal Manajemen Bisnis, 25(1), 2022.




DOI: https://doi.org/10.62108/great.v1i2.756

Article metrics

Abstract views : 384 | views : 289

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) SEBI

AddressJl. Raya Bojongsari, Pondok Rangga, Kec. Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat 16517, Indonesia