ANALISIS PEMBONCENGAN REPUTASI (PASSING OFF) DALAM ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus Penggunaan Merek Elizabeth pada Pedagang Es Cendol Di Kota Bandung)
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Ghazali. (2011). Ihya Ulumuddin 3. (Jakarta:Rebulik Penerbit).122-149.
Al-Ghazali. (1993). Ihya Ulumuddin 1. 13-15.
Aurora, Q., Syafaruddin., & Elvi, Z. (2009) Pemboncengan Reputasi (Passing Off) Terhadap Pemilik Merek Terdaftar Di Indonesia Ditinjau Dari Segi Perlindungan Hukum. 2(1), 10-12.
Devi Setya. (2022). Tips Menjadi Pedagang Sukses Ala Rasulullah SAW
https://www.detik.com/tips-menjadi-pedagang-sukses-ala-rasulullah-saw/
Dewinta, I. A. M., & Astariyani, N. L. G. (2016). Pengaturan penolakan pendaftaran merek dengan itikad tidak baik. Kertha Semaya, 6(11), 16.
Feri Anugrah. (2021). Menengok Sejarah Es Cendol Elizabeth yang Melegenda. https://bandungmu.com/menengok-sejarah-es-cendol-elizabeth-yang- melegenda/
Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. (Jakarta: Bumi Aksara, 2013). 160.
Heri, I. (2017). Penerapan Etika Bisnis Islam pada Pedagang Sembako di Pasar Sentral Sinjai. Thesis, 5(1), 1–127.
Hermanto, W.M. (2017). Perlindungan Merek Terkenal Terhadap Tindakan Passing Off dan Dilution dalam Hukum Merek Indonesia (Suatu Tinjauan Komparatif). 1–20.
Husein Syahata. (2002) Etika. (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2002).12.
Indarto., Thomson, A. Pengaruh Citra Merek Pada Kesediaan Konsumen Untuk Membayar Harga Premium Produk Starbucks.
Kompas. (2021). Sejarah Es Cendol Elizabeth Kuliner Khas Bandung Untuk diplomasi.https://www.kompas.com/wiken/read/2021/11/13/125921881/sejarah-es-cendol-elizabeth-kuliner-khas-bandung-untuk-diplomasi
Milles, M. B. & Hubernab, A. M, Analisis Data Kualitatif, (Jakarta: Universitas Indonesia Press, 1999), 16-18.
Moleong, L. J. Metodologi Penelitian Kualitatif, 178.
Peralta-argomeda, J. et al. (2016). Inovasi Pedagang Kaki Lima Dalam Penggunaan Merek KFC Kota Palangka Raya. Ucv, 1(2), 0-116.
Rahmat, P. S. (2009). Penelitian Kualitatif. Equilibrium, 5(7), 2.
Ratih, I. S., Ridho, Z., & Aisyah, S. (2020). Etika Bisnis Islam Dalam Manajemen Bisnis Kuliner. Ar-Ribhu : Jurnal Manajemen Dan Keuangan Syariah, 1(2), 173–187.
RI, M. K. (2019). Analisis Prinsip Dan Penerapan Etika Bisnis Islam Terhadap Kemajuan Bisnis. In Αγαη (Vol. 8, Issue 5).
Rivai, V. et al (2012). Islamic Business and Economic Etics. (Jakarta:Bumi Aksara). 13.
Sahroni, O.(2022). Adab Bekerja Dan Berbisnis. (Bandung:Gema Insani).173-175
Siregar. (2022). Analisis Yuridis Sengketa Perbuatan Pihak Lain Yang Beritikad Tidak Baik Dengan Melakukan Pemboncengan Reputasi Merek (Passing Off) Pada Putusan Pengadilan Niaga Jakarta Pusat Nomor 41/Pdt.Sus-Merek/2019/Pn.Niaga.Jkt.Pst. 2005–2003 ,8.5.2017 ,הארץ.
Tim Lindsey, D. et al (2003). Hak Kekayaan Intelektual.
Wiradiredja, I. R. (n.d.). Konsep Passing Off Dan Dilution A .10–49.
Yahya, A. B. (2020). Etika Bisnis (Perilaku) Bisnis Rasulullah Muhammad Saw Sebagai Pedoman Berwirausaha. Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 5(1), 95-97.
DOI: https://doi.org/10.62108/great.v1i1.547
Article metrics
Abstract views : 640 | views : 258Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) SEBI
Address: Jl. Raya Bojongsari, Pondok Rangga, Kec. Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat 16517, Indonesia