Analisis Strategi Bauran Pemasaran Pada Bisnis Kuliner (Studi Kasus CV. Gehu Extra Pedas Chili Hot)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi STP (Segmentation, Targeting, Positioning) meliputi aspek bauran pemasaran (marketing mix) 9P (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Evidence, Payment, dan Packaging) yang diterapkan oleh CV. Gehu Extra Pedas Chili Hot. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan segmentasi pasar (segmentation), menentukan target pasar (targeting), dan brand image konsumen (positioning) dan evaluasi menggunakan marketing mix CV. Gehu Extra Pedas Chili Hot. Dengan menggunakan analisis segmen, target dan posisi serta pendekatan 9P maka bisa diketahui kekurangan dalam pemasaran bisnis kuliner tahu sehingga perlu adanya evaluasi. Berdasarkan hasil dari analisis ini CV. Gehu Extra Pedas Chili Hot harus lebih mengencangkan strategi pengembangan produk, promosi online, pembaruan pembayaran, dan pengemasan yang menarik agar perusahaan dapat lebih berkembang lagi. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan mampu menjadi sebuah solusi bagi CV. Gehu Extra Pedas Chili Hot dan pembaruan dalam startegi pemasaran yang diharapkan mampu mempengaruhi konsumen untuk menentukan keputusan pembelian pada CV. Gehu Extra Pedas Chili Hot.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agtriani, N. N., & Prabawani, B. (2020). Analisis Proses Produksi Pada Usaha Kecil Dan Menengah (Ukm) Tahu Di Kelurahan Jomblang Berbasis Eko-Efisiensi (Studi Pada Ukm Tahu Harapan Tenang Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(2), 106–118. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.27224
Alamsyah, M. F. (2020). Pengaruh literasi keuangan dan kualitas manajemen keuangan terhadap kinerja keuangan pada ukm meubel di kota gorontalo. Forum Ekonomi,
(2), 245–255.
Amanah, D. (2015). Pengaruh bauran pemasaran terhadap kinerja usaha kecil dan menengah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 21(81).
Amiroh, I., Rahmi, D., Dwitanti, E., & Supeno, B. (2022). Strategi Bauran Pemasaran
Untuk Bisnis Jasa: Bibliometrik Analisis. Jurnal Ilmiah Edunomika, 6(2), 1–14.
Anjayani, R. P., & Febriyanti, I. R. (2022). Analisis Strategi Bauran Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Pada UMKM YJS Sukabumi). Jurnal Multidisiplin Madani, 2(9), 3610–3617.
Christine, C., & Budiawan, W. (2017). Analisis pengaruh marketing mix (7P) terhadap minat beli ulang konsumen (Studi pada House of Moo, Semarang). Industrial Engineering Online Journal, 6(1).
Claudya, M., Suryani, W., & Parulian, T. (2020). Pengaruh Sistem Pemasaran Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Inovasi Pada Ukm Kuliner Kota Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (JIMBI), 1(2).
Devi, P. Z. C., & Triyuni, N. N. (2021). Marketing Mix Strategies to Increase Revenue of Le Vista Restaurant, Chamonix, France. International Journal of Glocal Tourism, 2(4), 185–197.
Eastwood, A. (2014). Marketing for Proviter Oy, a Finnish distribution company. Hariyanti, H., & Nuryati, N. (2021). Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan
Loyalitas Pelanggan Batik Keris Surakarta. KELOLA, 8(1), 44–54.
Idawati, I. A. A., & Pratama, I. G. S. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Kinerja dan Keberlangsungan UMKM di Kota Denpasar. Warmadewa Management and Business Journal (WMBJ), 2(1), 1–9.
Mahardika, R. (2020). Strategi Pemasaran Wisata Halal. Mutawasith: Jurnal Hukum
Islam, 3(1), 65–86. https://doi.org/10.47971/mjhi.v3i1.187
Manan, Y. M., & Azizah, K. N. (2021). Strategi Pemasaran Produk Penghimpunan Dana Tabungan Rinjani Ib Bsr Pada Bprs Bumi Rinjani Kepanjen Kantor Kas Lawang. Jurnal Perbankan Syariah Darussalam (JPSDa), 1(2), 151–165.
Nabilah, S., Lubis, A., & Tarigan, E. D. S. (2020). Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Aroma Bakery & Cake Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (Jimbi), 1(1), 181–190.
Ningrum, D. P. (2020). Bauran Pemasaran pada Bisnis Chockles Es Cokelat Di Kota
Yogyakarta. Jurnal PIKMA: Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema,
(1), 1–13.
Pangestu, Y. D., & Siswahyudianto, S. (2022). Strategi Marketing Mix Produk Makanan Korea Dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen pada Home Industry Unniefood Tulungagung. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(2), 680–700.
Priyanto, H., Najib, M., & Septiani, S. (2020). Faktor Adopsi E-Marketing dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemasaran UKM Kuliner Kota Bogor. JURNAL SISTEM INFORMASI BISNIS, 10(2), 235–244. https://doi.org/10.21456/vol10iss2pp235-244
Sharfina Nabilah, M. N. & P. K. S. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Umkm (Studi Kasus Umkm Zea Food Di Kota Mataram). Jurnal Inovasi Penelitian, 12, 2655–2659.
Sibuea, M. (2019). Analisis Kualitas dan Pemasaran Produk Makanan Kaleng XYZ dengan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) 9P. Jurnal Ilmiah Teknik Industri Prima (JURITI PRIMA), 3(1).
DOI: https://doi.org/10.62108/great.v1i1.477
Article metrics
Abstract views : 2955 | views : 2634Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) SEBI
Address: Jl. Raya Bojongsari, Pondok Rangga, Kec. Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat 16517, Indonesia