The Influence of Online Food Delivery Services and Prices on Increasing Turn of Sales on Culinary Business: Case Study on Go-Food

Muhammad Reynaldi, Mustafa Kamal

Abstract


This study aims to examine the effect of online food delivery services and prices on increasing sales turnover of culinary businesses in Kemang District, Bogor Regency. This research is a quantitative study with a population of Go-jek partner culinary businesses in Kemang District, Bogor Regency. The sampling technique in this study used a purposive sampling technique . The number of samples is 100 culinary entrepreneurs who partner with Gofood in Kemang District, Bogor Regency. The research data were analyzed using PLS-SEM (Patial Least Square – Structural Equation Modeling) with SmartPLS software. The results of this study indicate that online food delivery services and prices have a significant effect on increasing sales turnover of culinary businesses in Kemang District, Bogor Regency. So it can be concluded that culinary business people in Kemang District, Bogor Regency need to pay attention to online food delivery services and prices as factors that result in an increase in sales turnover.

 

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh layanan online food delivery dan harga terhadap peningkatan omzet penjualan bisnis kuliner di Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi bisnis kuliner mitra Go-jek di Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel sebanyak 100 pengusaha kuliner yang bermitra dengan Gofood di Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor. Data penelitian dianalisis menggunakan PLS-SEM (Patial Least Square – Structural Equation Modeling) dengan perangkat lunak SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa layanan online food delivery dan harga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Peningkatan Omzet penjualan bisnis kuliner di Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor. Maka dapat disimpulkan bahwa pelaku bisnis kuliner di Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor perlu memperhatikan layanan online food delivery dan harga sebagai faktor yang mengakibatkan peningkatan omzet penjualan.

 

Kata kunci: Go-food, Harga, Layanan Online Food Delivery, Omzet Penjualan Bisnis.


Keywords


Business Sales Turnover; Go-food; Online Food Delivery Service; Price

Full Text:

PDF

References


Abdillah, W., & Hartono, J. (2015). Partial Least Square (PLS): alternatif structural equation modeling (SEM) dalam penelitian bisnis. In Yogyakarta: Penerbit Andi (Vol. 22).

Akbar, M., Satoto, K. I., & Isnanto, R. R. (2014). Pembuatan Aplikasi Layanan Pesan Antar Makanan Pada Sistem Operasi Android. Transmisi, 16(4), 170–174.

Alamsyah, Y. (2013). bangkitnya bisnis kuliner tradisional. jakarta: Elex Media Komputindo.

Amelia, R., & LP3M, P. U. (2019). Pengaruh Aplikasi Gofood Terhadap Peningkatan Penjualan Mochitalk Plaza Medan Fair. Vol, 6, 79–84.

Arifin, H. S. (2019). Pemasaran Era Milenium. Deepublish.

Fitrianingrum, A., & Siagian, C. (2021). Analısıs Faktor-Faktor Yang Mempengruhı Purchase Intentıon Onlıne Delıvery Food Pada Food Brand Internatıonal. CoMBInES-Conference on Management, Business, Innovation, Education and Social Sciences, 1(1), 468–483.

gobiz. (2020). “apa itu fitur gofood?” Bantuan.Gobiz.Co.Id. https://bantuan.gobiz.co.id/s/article/Apa-itu-fitur-GoFood

gobiz. (2021). “daftar go food.” Gobiz.Co.Id. https://gobiz.co.id/daftar-gofood

gojek. (2020). “about Gojek.” Gojek.Com. https://www.gojek.com/id-id/about/

gojek. (2021). “Merchant.” Gojek.Com. https://www.gojek.com/id-id/merchant/

Hakim, L. (2012). Prinsip-prinsip ekonomi islam.

Hidayatullah, S., Waris, A., Permata, Y., Adrian, T., Sarwinda, N., Lestari, F. W., & Eka, A. A. G. (2018). Eksistensi Transportasi Online (Go Food) Terhadap Omzet Bisnis Kuliner Di Kota Malang. Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF), 2(1), 1423–1429.

Indraswarri, A., & Kusuma, H. (2018). “Analisa Pemanfaatan Aplikasi Go-Food Bagi Pendapatan Pemilik Usaha Rumah Makan Di Kelurahan Sawojajar Kota Malang.” Jurnal Ilmu Ekonomi, 2, 63–73. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jie/article/view/6967

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (2016). “Kuliner.” Kemenparekraf.Go.Id. https://kemenparekraf.go.id/layanan/Subsektor-Ekonomi-Kreatif/Kuliner

Kementrian Perindustrian Republik Indonesia. (2021). “Pandemi Ubah Pola Konsumsi, Industri Makanan Perlu Berinovasi.” Kemenperin.Go.Id. https://kemenperin.go.id/

Kotler, P., & Keller, K. L. (2021). Manajemen Pemasaran edisi 13 jilid 2.

Krismanegara, R. J. A., Samari, & Purnomo, H. (2021). “Meningkatkan omzet penjualan melalui optimalisasi kualitas produk ,variasi produk, dan persepsi harga pada nindy dekorasi.” Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntasi, 6 (1), 127–139. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/789

Manullang, M. (2016). Pengantar bisnis. Gadjah mada press.

Muslimin, S., Zainab, Z., & Jafar, W. (2020a). Konsep Penetapan Harga Dalam Perspektif Islam. Al-Azhar Journal of Islamic Economics, 2(1), 1–11.

Muslimin, S., Zainab, Z., & Jafar, W. (2020b). Konsep Penetapan Harga Dalam Perspektif Islam. Al-Azhar Journal of Islamic Economics, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.37146/ajie.v2i1.30

Nasikh, H. M. (2016). “Pertimbangan Costs Of Sustainable Promotional Media (CSPM) Yang Efektif: Langkah Mendongkrak Omzet Penjualan Produk Atau Jasa (Suatu Studi Pada Pt. Prima Yasa Malang Mulai Tahun 2011 S/D 2015).” EDUKA Jurnal Pendidikan, Hukum Dan Bisnis, 1(1), 66–85.

Nurfitria, N., & Hidayati, R. (2011). “Analisis Perbedaan Omzet Penjualan Berdasarkan Jenis Hajatan Dan Waktu.” Melalui Http://Eprints. Undip. Ac. Id/29369/1/Jurnal_omzet_penjualan. Pdf. Jurnal Universitas Diponegoro, Thesis.

Pratama, Y., Ferawati, R., & Rusliani, H. (2018). “Pengaruh Layanan Food Delivery Terhadap Peningkatan Penjualan Pengusaha Kuliner (Studi Pada Pengusaha Kuliner Yang Terdaftar di Go-Food/Go-Jek Jambi).” Uin Sulthan Hasanudin.

Sahroni, O., & Karim, A. A. (2015). Maqashid bisnis dan keuangan Islam: Sintesis fikih dan ekonomi. Rajawali Pers.

Silvi, A., Dan, K., & Rahmawati, R. (2019). Tinjauan Hukum Islam terhadap Akad pada Aplikasi Go-Food di Madiun. Al-Mustashfa: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah, 4(2), 200–211. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/al-mustashfa/article/view/3879

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Suryadi, D. F., & Ilyas, M. I. F. (2018). “Adopsi E-commerce Food Delivery Service Bagi Wirausaha Pemula.” Ilmu Administrasi, Akuntansi, Bisnis, Dan Humaniora, 2018, 75–80.

Swastha Basu, I., & SE, M. B. A. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Tjiptono, F. (2015). Strategi pemasaran (4th ed.). Yogyakarta: Andi.

Umar, J., Gonibala, Z. Y., & Umar, K. (2020). Telaah Transaksi Go-Food Dalam Perspektif Akuntansi Syariah (Studi Kasus User & Kantor Go-Jek Gorontalo). Global Islamic Economy (GIE), 1(1), 28–36.

Veithzal Rivai Zainal, Nurul Huda, Dr. Ratna Ekawati, D. S. V. (2018). Ekonomi Mikro Islam (1st ed.). Jakarta: Bumi Aksara.

Wardiningsih, S. S. (2021). “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Omzet Penjualan UMKM Kuliner Partner Gofood Di kota Solo.” Research Fair Unisri, 5(1), 45. https://doi.org/10.33061/rsfu.v5i1.4923




DOI: https://doi.org/10.46899/jeps.v10i2.358

Article metrics

Abstract views : 1349 | views : 478

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Muhammad Reynaldi, Mustafa Kamal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By:

        BASE Logo     

 

AddressJl. Raya Bojongsari, Pondok Rangga, Kec. Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat 16517, Indonesia