Pengaruh Literasi Keuangan, Edukasi Sekolah Pasar Modal, dan Gaya Hidup Generasi Z terhadap Minat Berinvestasi Saham Syariah
Abstract
Generation Z, known as digital natives, now dominates the student population and shows a growing interest in investments, especially Islamic stocks. However, the low level of financial literacy is still a major challenge. This study aims to analyze the effect of financial literacy, Capital Market School (CMS) education, and lifestyle on interest in investing in Islamic stocks among UIN North Sumatra students. The quantitative method was used by distributing questionnaires to 91 students who are members of the KSPMS Golden UINSU Sharia Investment Gallery. The results showed that partial financial literacy and SPM education positively and significantly affect interest in investing. In contrast, lifestyle has a significant negative impact, indicating that a consumptive lifestyle reduces investment interest. Simultaneously, the three variables significantly affect interest in investing in Islamic stocks. This study concludes that students with good financial literacy, who have participated in capital market education, and have a frugal lifestyle tend to be more interested in investing. Future research should add variables such as religiosity, social influence, and use of fintech, as well as consider mixed methods or longitudinal studies to get more comprehensive results.
Generasi Z yang dikenal sebagai digital natives kini mendominasi populasi mahasiswa dan menunjukkan ketertarikan yang meningkat terhadap investasi, khususnya saham syariah. Namun, rendahnya tingkat literasi keuangan masih menjadi tantangan utama. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan, edukasi Sekolah Pasar Modal (SPM), dan gaya hidup terhadap minat berinvestasi saham syariah pada mahasiswa UIN Sumatera Utara. Metode kuantitatif digunakan dengan menyebarkan kuesioner kepada 91 mahasiswa anggota Galeri Investasi Syariah KSPMS Golden UINSU. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial literasi keuangan dan edukasi SPM memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berinvestasi, sementara gaya hidup menunjukkan pengaruh negatif dan signifikan, mengindikasikan bahwa gaya hidup konsumtif menurunkan minat investasi. Secara simultan, ketiga variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap minat berinvestasi saham syariah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa mahasiswa dengan literasi keuangan yang baik, telah mengikuti edukasi pasar modal, serta memiliki gaya hidup hemat cenderung lebih berminat untuk berinvestasi. Penelitian selanjutnya disarankan untuk menambahkan variabel seperti religiusitas, pengaruh sosial, dan penggunaan fintech, serta mempertimbangkan metode campuran atau studi longitudinal guna mendapatkan hasil yang lebih komprehensif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aira, A., Fauzana, R., & Djamil, N. (2024). Analisis Minat Berinvestasi Generasi Z (Net Generation) Uin Suska Riau Pada Pasar Modal Dari Perspektif: Literasi Keuangan, Motivasi Investasi Dan Teknologi Informasi. Owner, 8(4), 4628–4636. Https://Doi.Org/10.33395/Owner.V9i1.2473
Aji, Mhd. H., Imsar, I., & Daulay, A. N. (2024). The Impact of Investment, Inflation, And Productive Zakat On The Welfare Of People In Medan. Quantitative Economics and Management Studies, 5(5), 995–1004. Https://Doi.Org/10.35877/454ri.Qems2821
Aristi, M. D., Ahyaruddin, M., Putri, A. M., Anriva, D. H., Sari, D. P. P., Hudi, I., & Fitriana, N. (2023). Gen Z Melek Investasi Melalui Kegiatan Edukasi Pasar Modal. Comsep: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 215–219. Https://Doi.Org/10.54951/Comsep.V4i2.510
Atmaja, R., Nurlaila, N., Arif, R., & Atikah, R. (2018). Life Skill Sebagai Langkah Pemberdayaan Masyarakat Menuju Kemandirian Ekonomi. Jurnal Education for All: Media Informasi Ilmiah Bidang Pendidikan Luar Sekolah, 7(1), 12. Https://Doi.Org/10.24114/Jefa.V7i1.51519
Champaca, M., & Nurhidayat, M. (2024). Edukasi Pasar Modal Untuk Meningkatkan Minat Berinvestasi Bagi Mahasiswa. Japi (Jurnal Akses Pengabdian Indonesia), 9(1), 19–26. Https://Doi.Org/10.33366/Japi.V9i1.5257
Cucinelli, D., & Soana, M. G. (2023). Investor Preferences, Financial Literacy and Intermediary Choice Towards Sustainability. Research In International Business and Finance, 66, 102027. Https://Doi.Org/10.1016/J.Ribaf.2023.102027
Dewi, P. (2020). Pengaruh Edukasi Pasar Modal Terhadap Persepsi Risiko Dan Minat Berinvestasi Masyarakat. Krisna: Kumpulan Riset Akuntansi, 12(1), 75–83. Https://Doi.Org/10.22225/Kr.12.1.1848.75-83
Evira Kusumaningtyas, Yufenti Oktafiah, & Eva Mufidah. (2024). Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Pengelolaan Keuangan Melalui Literasi Keuangan Sebagai Variabel Intervening Pada Generasi Z di Kota Pasuruan. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 4(2), 133–139. Https://Doi.Org/10.56127/Jaman.V4i2.1623
Fahrudin, M. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Minat Investasi Mahasiswa Di Pasar Modal Syariah Dengan Persepsi Risiko Sebagai Pemoderasi [Skripsi, Uin Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto]. Https://Repository.Uinsaizu.Ac.Id/23521/
Harahap, M. I. (2023). Manajemen Investasi & Portofolio Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam – Uin Sumatera Utara (Cetakan Pertama). Febi Uin-Su Press. Https://Febi.Uinsu.Ac.Id/
Harahap, S. B., Bustami, Y., & Syukrawati, S. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Minat Investasi Saham Syariah: Studi Kasus Galeri Investasi Syariah Iain Kerinci. Al Fiddhoh: Journal of Banking, Insurance, And Finance, 2(2), 75–82. Https://Doi.Org/10.32939/Fdh.V2i2.955
Hasibuan, A. Z. S., Nasution, A., Syahputra, R., & Aisah, S. (2022). Pengaruh Perilaku Konsumtif Masyarakat Terhadap Penggunaan Kartu Kredit. Visa: Journal Of Vision and Ideas, 2(1), 172–179. Https://Doi.Org/10.47467/Visa.V2i1.971
Hidayatullah, S., Saefullah, A., Kohar, A., & Syahreza, A. (2024). Pengenalan Investasi Pasar Modal Bagi Kalangan Mahasiswa Dan Pelajar Melalui Seminar Edukasi. I-Com: Indonesian Community Journal, 4(1), 298–310. Https://Doi.Org/10.33379/Icom.V4i1.4026
Hilmy, L. A. (2023). Pengaruh Modal Minimum Investasi, Persepsi Resiko, Dan Gaya Hidup Terhadap Minat Berinvestasi di Pasar Modal Bagi Generasi Z Di Kota Jakarta [Skripsi]. Politeknnik Negeri Jakarta.
Krisdiyawati, K., Sari, Y. P., Hanum, N., & Hasan, I. (2021). Edukasi Pasar Modal Solusi Investasi Generasi Melenia Bagi Siswa Smk Nu 01 Ma’arif Suradadi Kabupaten Tegal. Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 4(3), 391–394. Https://Doi.Org/10.30591/Japhb.V4i3.2775
Lubis, Y. S., Zulfa Khoiriah, & Muhammad Ikhsan Harahap. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Keputusan Investasi Pasar Modal Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Jurnal Riset Ekonomi Dan Akuntansi, 1(3), 01–10. Https://Doi.Org/10.54066/Jrea-Itb.V1i3.587
Malkan, Indra Kurniawan, Nurdin, & Noval. (2021). Pengaruh Pengetahuan Tentang Pasar Modal Syariah Terhadap Minat Investasi Saham Di Pasar Modal Syariah. Jurnal Ilmu Perbankan Dan Keuangan Syariah, 3(1), 57–73. Https://Doi.Org/10.24239/Jipsya.V3i1.39.57-78
Mauliza, A. Y. I., & Canggih, C. (2023). Minat Berinvestasi Pada Saham Syariah: Pengaruh Pengetahuan Investasi, Sistem Online Trading Syariah, Dan Motivasi. Econbank: Journal of Economics And Banking, 5(1), 36–50. Https://Doi.Org/10.35829/Econbank.V5i1.284
Muaviah, E., Lathifaturrahmah, L., Dewi, A. A., & Febriani, N. (2023). Generasi Z, Melangkah Di Era Digital Dengan Bijak Dan Terencana. Journal Of Social Contemplativa, 1(2), 63–81. Https://Doi.Org/10.61183/Jsc.V1i2.39
Mulyati, S., & Hati, R. P. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Sikap Terhadap Uang Pada Pengelolaan Keuangan Keluarga. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Finansial Indonesia, 4(2), 33–48. Https://Doi.Org/10.31629/Jiafi.V4i2.3251
Nurhayati, A., & Harianti, A. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan, Pendapatan, Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Berinvestasi Generasi Z Kota Dki Jakarta. Remittance: Jurnal Akuntansi Keuangan Dan Perbankan, 4(2), 10–22. Https://Doi.Org/10.56486/Remittance.Vol4no2.388
Padhlani, R. (2024). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Investasi Syariah Pada Generasi Z [Skripsi]. Univeritas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Prayoga, Y. (2019). Pengaruh Edukasi Dan Sosialisasi Sekolah Pasar Modal Bursa Efek Indonesia Terhadap Motivasi Membeli Saham di Galeri Investasi Universitas Labuhan Batu. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 6(2), 137–144. Https://Doi.Org/10.36987/Ecobi.V6i2.1401
Prihatni, R., Baroto, Y., Simbolon, H. O., Amalia, D., Meirsha, I. M. T., & Azis, S. A. (2024). Analisis Literasi Keuangan Dan Inklusi Keuangan Di Indonesia: Strategi Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Finansial Masyarakat. Penerbit Widina Media Utama. www.freepik.com
Ratmojoyo, Y. S., Supriyanto, T., & Nugraheni, S. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berinvestasi Saham Syariah. Etihad: Journal Of Islamic Banking and Finance, 1(2), 115–131. Https://Doi.Org/10.21154/Etihad.V1i2.3236
Rizal, M., & Soemitra, A. (2022). Fiqh Muamalah In Sharia Capital Market in Indonesia: A Literature Review. I-Best: Islamic Banking & Economic Law Studies, 1(1), 48–65. Https://Doi.Org/10.36769/Ibest.V1i1.244
Santoso, A. (2023). Rumus Slovin: Panacea Masalah Ukuran sampel? Suksma: Jurnal Psikologi Universitas Sanata Dharma, 4(2), 24–43. Https://Doi.Org/10.24071/Suksma.V4i2.6434
Silalahi, P. R., Syahputri, R. R., Prayoga, R., & Meianti, A. (2022). Pentingnya Literasi Keuangan Bagi Masyarakat Agar Tidak Tertipu Investasi Bodong: Studi Kasus Binomo. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 346–355. Https://Doi.Org/10.47467/Elmujtama.V2i3.1901
Sukardin, N. (2024). The Influence of Education, Lifestyle, And Financial Awareness In Increasing Generation Z’s Financial Literacy In Islamic Stock Investment In Indonesia. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 18(6), 3947. Https://Doi.Org/10.35931/Aq.V18i6.4136
Syafitri, A. A. (2024). Literasi Keuangan Sebagai Usaha Untuk Mencapai Financial Well Being: Sebuah Perspektif Dari Generasi Z. dialektika: Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 9(1), 136–148. Https://Doi.Org/10.36636/Dialektika.V9i1.3975
Szymkowiak, A., Melović, B., Dabić, M., Jeganathan, K., & Kundi, G. S. (2021). Information Technology and Gen Z: The Role Of Teachers, The Internet, And Technology In The Education Of Young People. Technology In Society, 65, 101565. Https://Doi.Org/10.1016/J.Techsoc.2021.101565
Wanda, E. M. (2024). Pengaruh Literasi Digital Pada Generasi Z Terhadap Pergaulan Sosial Di Era Kemajuan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi. Jurnal Sosial Teknologi, 3(12), 1035–1042. Https://Doi.Org/10.59188/Jurnalsostech.V3i12.1078
Widhiastuti, R. N., Harianti, A., Suryowati, B., & Suzuda, F. (2024). Penyuluhan Literasi Keuangan Untuk Mencapai Financial. Swadimas.
DOI: https://doi.org/10.61111/jakis.v13i1.877
Article metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Devi Rifani, Andri Soemitra, Nurlaila Nurlaila

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JAKIs was indexed by: