Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix 7P) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mumtaz Laundry

Fauzan Al Anshori, Ucu Musahidah, Triyono Triyono

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari berbagai variabel pada Marketing Mix 7P, yaitu produk, harga, tempat, promosi, proses, orang, dan bukti fisik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Probability Sampling menurut teori Slovin, sehingga diperoleh sampel 98 Responden. Data diperoleh melalui pengisian kuesioner yang disebar melalui siaran aplikasi Whatsapp dan langsung di toko offline Mumtaz Laundry. Selanjutnya data tersebut diolah menggunakan Partial Least Squares- Structural Equation Model (PLS-SEM) dengan software SmartPLS 4.0.9.9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel produk, harga, dan promosi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Mumtaz Laundry. Sementara itu, variabel tempat, orang dan Bukti Fisik secara parsial berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian di Mumtaz Laundry. Lalu, variabel proses berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian Mumtaz Laundry. Secara simultan variabel produk, harga, tempat, promosi, proses, orang, dan bukti fisik berpengaruh terhadap keputusan pembelian Mumtaz Laundry.

Keywords


Bauran Pemasaran; Keputusan Pembelian; Jasa Laundry; Mumtaz Laundry

Full Text:

PDF

References


Budiman, W., & Christine. (2017). Analisis Pengaruh Marketing Mix ( 7P ) terhadap Minat Beli Ulang Konsumen ( Studi pada House of Moo, Semarang ). Industrial Engineering Online Journal, 6(1), 8.

Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26 (EDISI 10) (10th ed.). Yogyakarta: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ginting, A., & Ginting, S. T. U. A. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pelanggan Menggunakan Jasa Teratai Laundry Medan. Jurnal Regionomic, 3(1), 7–16. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36764/jg.v3i1.566

Hamonangan, F. I., Pradhanawati, A., & Prabawani, B. (2017). Pengaruh Lokasi, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Penggunaan Layanan Jasa Laundry (Study Kasus Pada Konsumen Simply Fresh Laundry di Tembalang, Semarang). In Diponegoro Journal Of Social And Political Of Science.

Isnaini, T., & Boihaki. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pengguna Jasa Laundry Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Di Kota Lhokseumawe. Journal Real Riset, 2(9), 1689–1699.

Izzati, F. N., & Triyanto, A. (2024). Pengaruh Bauran Pemasaran (7P) terhadap Keputusan Orang Tua Memilih Sekolah (Studi Kasus: SMPIT Ihsanul Fikri Mungkid). Great: Jurnal Manajemen Dan Bisnis Islam, 1(2), 3032–7253.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Linebaugh, J. M., & Taien, J. (2024). Marketing Mix Factors Affecting Customer Buying Decision-Making Process in Generation X With Vitamins and Supplements in Chiang Mai, Thailand.

Lupiyoadi, R. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Jakarta Selatan: Salemba Empat

Novitasari, N., Pujangkoro, S., & Lubis, S. N. (2024). Effect of Marketing Mix (7P) on Purchasing Decision at Cafe Palapa. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 3(12), 243–255.

Purbohastuti, A. W. (2021). Efektivitas Bauran Pemasaran pada Keputusan Pembelian Konsumen Indomaret. Jurnal Sains Manajemen, 7, 101–112. https://doi.org/10.47467/visa.v1i2.783

Rahmawati, N. (2023). Analisis Pengaruh Brand, Harga, dan Prestise terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Iphone di Sampit. Keizai, 4(1), 22. https://doi.org/10.56589/keizai.v4i1.286

Rochania, P. N. (2023). Bauran Marketing 7p Online Shop Sebagai Strategi Marketing Komunikasi Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Racellin Eyewear). Open Journal Systems 2619, 4(1), 88–100.

Seniartha, I. W. (2024). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Memilih Jasa Laundry di Denpasar Selatan. 4, 112–121.

Setiawan, R. A., Askolan, A., & Pauzy, D. M. (2023). Pengaruh Persepsi Harga Dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Online (Survei Pada Konsumen Erigo Official Shop Shopee.Co.Id Di Kota Tasikmalaya). Jurnal Doktor Manajemen (JDM), 6(2), 188. https://doi.org/10.22441/jdm.v6i2.21900

Simbolon, S. I., Tumbel, T. M., & Walangitan, O. F. C. (2022). Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Penjualan Usaha Kuliner Tripang Garo Uje Desa Kawiley Kabupaten Minahasa Utara. Productivity, 3(2), 151–156.

Sitompul, S. S., & Juwita, M. (2020). Pengaruh Produk, Harga, Tempat, Promosi, Bukti Fisik, Orang, Proses terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Central Bearindo International Pekanbaru. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 1(2), 178–187.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Wangarry, C. L., Tumbel, A., & Karuntu, M. M. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Di Pt . Hasjrat Abadi Ranotana the Influence of Marketing Mixture on Purchase Decision of Honda Motorcycle At Pt . Hasjrat Abadi Ranotana. Jurnal Emba, 6(4), 2058–2067.

Zulfa, I., & Hariyani, T. (2022). Implementasi Bauran Pemasaran 7P Dalam Meningkatkan Volume Penjualan UKM Ampuh Di Kabupaten Kediri Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(1), 299–314. https://doi.org/10.54259/mudima.v2i1.363




DOI: https://doi.org/10.61111/great.v2i2.917

Article metrics

Abstract views : 18 | views : 5

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

 

Institut Agama Islam (IAI) SEBI

AddressJl. Raya Bojongsari, Pondok Rangga, Kec. Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat 16517, Indonesia