Pengaruh Bauran Pemasaran (7P) Terhadap Keputusan Orang Tua Memilih Sekolah (Studi Kasus: SMPIT Ihsanul Fikri Mungkid)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran 7P (product, price, place, promotion, people, process, physical evidence) pada keputusan orang tua peserta didik memilih SMPIT Ihsanul Fikri Mungkid sebagai tempat anaknya bersekolah. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Dengan sumber data dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data mengunakan kuesioner. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan metode PLS-SEM dengan bantuan software SmartPLS 4.1. Penelitian ini menggunakan responden yang berjumlah 135 orang tua peserta didik aktif di SMPIT Ihsanul Fikri Mungkid sebagai sampel dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel product, promotion, people dan process berpengaruh signifikan terhadap keputusan orang tua memilih sekolah dan variabel price, place, dan physical evidence secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan orang tua memilih sekolah. Secara simultan, variabel product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence berpengaruh terhadap keputusan orang tua memilih sekolah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdillah, W., & Herawati, A. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran (7P) Terhadap Pengambilan Keputusan Siswa Dalam Memilih Sekolah Berbasis Entrepreneur: Studi Pada SMA Muhammadiyah 9 Surabaya.
Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis Dan Inovasi, 2(2), 309–325.
Alma, B. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta.
Alma, B., & Hurriyati, R. (2008). Manajemen Corporate dan Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan. Alfabeta.
Ghozali, I. (2006). Structural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan Partial Least Square (2nd ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares : Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. Universitas Diponegoro.
Hamid, R. S., & Anwar, S. (2019). Structural Equation Modeling (SEM) Berbasis Varian: Konsep Dasar dan Aplikasi dengan Program SmartPLS 3.2.8 dalam Riset Bisnis (1st ed.). PT Inkubator Penulis Indonesia. www.institutpenulis.id
Hardiwan, D. (2023). Statistik Pendidikan Provinsi Jawa Tengah 2022. Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah.
Jogiyanto, H. (2011). Konsep dan Aplikasi Structural Equation Modeling Berbasis Varian Dalam Penelitian. UPP STIM YKPN.
Kotler, P. (2012). Manajemen Pemasaran (14th ed.). Penerbit PT. Prehallindo.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran (12th ed., Vol. 1). Penerbit Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. (2009). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Penerbit PT. Prenhallindo.
Lupiyoadi, R., & Hamdani, A. (2009). Manajemen Pemasaran Jasa (2nd ed.). Salemba Empat.
Permatasari, O., & Ashriana, A. N. (2019). Pengaruh Marketing Mix (7P) Terhadap Pengambilan Keputusan Orang Tua Dalam Memilih Sekolah Berbasis Tahfidz Al-Qur’an (Studi Pada SMP Al-Qur’an An-Nawawiy Mojokerto). Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 2(3), 382–397.
Putra, P., & Hasbiyah, W. (2018). Teori dan Praktik Pemasaran Syariah. PT RajaGrafindo Persada.
Rosmaniar, A. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Siswa Memilih Sekolah Menengah Kejuruan Swasta di Surabaya. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 16(1), 22–33. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/KINERJA
Roswita, V., Martono, T., & Hindrayani, A. (2015). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa (Marketing Mix) Terhadap Keputusan Siswa Memilih Sekolah SMA Regina Pacis Surakarta Tahun 2015.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Ulum, M. (2018). Konsep Pemasaran Lembaga Pendidikan Dalam Pandangan Syariah. Madinah: Jurnal Studi Islam, 5(1), 30–42.
Wijaya, D. (2012). Pemasaran Jasa Pendidikan. Salemba Empat.
Yamin, S., & Kurniawan, H. (2011). Generasi Baru Mengolah Data Penelitian dengan Partial Least Square Path Modeling, Aplikasi dengan Software XLSTAT, SmartPLS, dan Visual PLS. Salemba Infotek.
DOI: https://doi.org/10.62108/great.v1i2.759
Article metrics
Abstract views : 415 | views : 253Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) SEBI
Address: Jl. Raya Bojongsari, Pondok Rangga, Kec. Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat 16517, Indonesia