ANALISIS PENGARUH PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus Pelanggan Spesialis Aqiqah Pondok Petir)
Abstract
The purpose of the study was to determine the effect of service quality on customer satisfaction at Aqiqah Specialists. the existence of UMKM in the field of aqiqah service business around the Spesialis Aqiqah. Therefore, Spesialis Aqiqah need to develop and improve the services they do to be the choice of new families, especially those who need aqiqah services for their children. So that the problem that occurs is to explore the services that have been provided by Spesialis Aqiqah to customer satisfaction seeing from positive responses or testimonials on social media and gmaps. The research used quantitative methods with a descriptive approach. The test results show a coefficient value of 0.768 and t-statistics of 11.351, so it is stated that the results of a quality of service have a positive and significant influence. In data processing, researchers use the SEM PLS version 4 program as well as in the object of research at the Spesialis Aqiqah so that there is a repetition and avoids repetition. Service quality has a positive influence of 0.660, or contributes 66% to customer satisfaction and the rest is influenced by other factors that are not studied.
Keywords: Service Quality, Customer Satisfaction, and Aqiqah
Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di Spesialis Aqiqah. adanya UMKM pada bidang bisnis layanan jasa aqiqah di sekitar Spesialis Aqiqah. Maka dari itu Spesialis Aqiqah perlu melakukan perkembangan dan perbaikan akan pelayanan yang dilakukannya untuk dapat menjadi pilihan para keluarga baru terlebih yang membutuhkan layanan jasa aqiqah untuk buah hatinya. Sehingga masalah yang terjadi yaitu perlunya mendalami terkait pelayanan yang sudah diberikan Spesialis Aqiqah terhadap kepuasan pelanggan melihat dari respon atau testimoni yang positif di sosial media maupun gmaps. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil pengujian menunjukkan nilai koefisien 0,768 dan t-statistik 11,351, maka dinyatakan hasil sebuah kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan. Dalam pengolahan data peneliti menggunakan program SEM PLS versi 4 serta dalam objek penelitian di Spesialis Aqiqah sehingga adanya pembaruan dan menghindari adanya pengulangan. Kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif sebesar 0,660, atau menyumbang 66% terhadap kepuasan pelanggan dan sisanya dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci:Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan dan Aqiqah
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Jauziyah, I. Q. (2014). Menyambut Buah Hati Bekal Menyiapkan Anak Saleh pada Masa Golden Ages. Ummul Qura’.
Alwasi, T. W. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Aqiqah Nurul Hayat Kota Kediri. https://etheses.iainkediri.ac.id/2399/
Hafidudin, T. (2003). Manajemen Pemasaran Syariah dalam Praktek. Gema Insani Inpress.
Mukti, B. W. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen sakinah Aqiqah Surabaya. https://123dok.com/document/zlnpj2lq-pengaruh-kualitas-kualitas-layanan-kepuasan-konsumen-sakinah-surabaya.html
Ningsi, B. A., & Lucia, A. (2018). Analisis Kepuasan Pelanggan Atas Kualitas Produk dan Pelayanan Dengan Metode SEM-PLS. Jurnal Statistika Dan Aplikasinya, 2(2), 8–16. https://doi.org/10.21009/JSA.02202
Permata, L. (2016). Pengaruh Kinerja Karayawan Terhadap Kualitas Pelayanan Klaim Pada PT.Prudential Life Assurance Pru Future Team Syariah Pekanbaru. Alhikmah , 13(2).
Kotler, P (1997). Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi, Dan Kontrol (2nd ed.). Erlangga.
Pratiwi, T. W., Taufik, A. M., & . G. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Hotel. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 3, 851–856. https://doi.org/10.55916/frima.v0i3.345
Puspita, R. D. (2020). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Catering Simple Aqiqah Pekanbaru [Universitas Islam Riau]. https://repository.uir.ac.id/12161/
Rangkuti, F. (2000). Measuring Custumer Satisfaction. Gramedia Pustaka.
Sugiarto, E. (2003). Psikologi Pelayanan Dalam Industri Jasa. Gramedia Pustaka Utama.
Arikunto, S (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. In S. Arikunto (Ed.), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (p. 177). Rineka Cipta.
Sunardi. & Handayani, S. (2014). Kualitas Pelayanan dalam Islam dan Kepercayaan terhadap Lembaga Amil Zakat Infaq Sedekah Rumah Yatim Arrohman Indonesia. European Journal of Endocrinology, 171(6), 727–735. https://eje.bioscientifica.com/view/journals/eje/171/6/727.xml
Suwarsito & Aliya, S. (2020). Kualitas Layanan dan Kepuasan Serta Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 17(1), 82. https://doi.org/10.31851/jmwe.v17i1.3978
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa, Prinsip, Penerapan dan Penelitian (1st ed.). Andi.
Triandewo, M. A., & Yustine, Y. (2020). PENGARUH KUALITAS LAYANAN, CITRA PERUSAHAAN DAN KEPERCAYAAN PADA LOYALITAS KONSUMEN. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, 22(1). https://doi.org/10.34208/jba.v22i1.743
Utami, H. (2013). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA USAHA DAGANG RIA CATERING PEKANBARU. https://repository.uin-suska.ac.id/7704/
DOI: https://doi.org/10.62108/great.v1i2.757
Article metrics
Abstract views : 241 | views : 319Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) SEBI
Address: Jl. Raya Bojongsari, Pondok Rangga, Kec. Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat 16517, Indonesia