Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Minat dan Keputusan Masyarakat Untuk Travelling (Studi Pada Wisatawan Yang Berkunjung Ke Daerah Istimewa Yogyakarta)

Nisrina Nur Abidah, Atiyah Fitri, Triyono Triyono

Abstract


Penelitian ini bertujuan yaitu untuk mengetahui pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap minat dan keputusan masyarakat untuk melakukan Travelling ke Daerah Istimewa Yogyakarta. teknik pengumpulan Sampel menggunakan Random Sampling dari populasi yang digunakan sebanyak 97 responden. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui survei berupa kuesioner yang disebar melalui Google Form kemudian di analisis menggunakan pendekatan SEM-PLS, dan diolah dengan menggunakan perangkat lunak statistik Smart-PLS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Electronic Word of Mouth secara signifikan berpengaruh terhadap minat masyarakat untuk berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta, Electronic Word of Mouth secara signifikan juga berpengaruh terhadap keputusan masyarakat untuk berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Minat berpengaruh signifikan terhadap keputusan masyarakat untuk berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta.

 


Keywords


Electronic Word of Mouth, Minat Berkunjung, Keputusan Berkunjung, Daerah Istimewa Yogyakarta

Full Text:

PDF

References


Aynie, R. Q., Hurriyati, R., & Dirgantari, P. D. (2021). Strategi pemasaran electronic word of mouth pada e- commerce dalam menghadapi era digital 4 . 0 di indonesia Electronic word of mouth marketing strategy on e-commerce in facing the digital era. 17(1), 136–143.

Azuar, J., Irfan, & Manurung, S. (2018). Metodologi Penelitian Bisnis, Konsep dan Aplikasi: Sukses Menulis Skripsi & Tesis Mandiri (F. Zulkarnain (ed.)). UMSU Press.

Badan Pusat Statistik, D. Y. (2023). Perkembangan Pariwisata D . I . Yogyakarta , Perkembangan Pariwisata. Berita Resmi Statistik, 04, 1–12. https://yogyakarta.bps.go.id/pressrelease/2023/01/02/1286/perkembangan-pariwisata-d-i--yogyakarta--november-2022.html

Christina, A. (2022). Daftar Kota Pilihan Masyarakat Indonesia Versi Goodstats 2022, Yogyakarta Pemenangnya. Campuspedia.Id. https://campuspedia.id/news/daftar-kota-pilihan-masyarakat-indonesia-versi-goodstats-2022-yogyakarta-pemenangnya/

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2022). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (Pls-Sem) Third Edition. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Third Edit, Issue Mi). SAGE Publications, Inc.

Khotimah, I., & Sulistyowati, R. (2022). Pengaruh Electronic Word of Mouth (Ewom) Di Media Sosial Terhadap Minat Dan Keputusan Berkunjung Di Surabaya (Studi Pada Wisatawan Yang Pernah Mengunjungi Wisata Sejarah Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 10(2), 1679–1688. https://doi.org/10.26740/jptn.v10n2.p1679-1688

Maghpiroh, A. (2017). Analisis Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Taman Nasional Gunung Gede Pangrango [UIN Syarif Hidayatullah].https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/40751/1/AULIA MAHGPIROH - FEB.pdf

Nabil, D. A., & Wiguna, A. B. (2023). Analisis Pengaruh Sektor Pariwisata Terhadap Tingkat Pengangguran Terbuka Di Provinsi Diy (Daerah Istimewa Yogyakarta) Tahun 2015-2019. Journal of Development Economic and Social Studies , 2(1), 38–46.

Putu, S., & Mahendra, A. (1875). Pengaruh E-Wom Terhadap Citra Destinasi, Kepuasan Dan Loyalitas (Studi Pada Kunjungan Wisatawan Di Diy). 29(2), 201–218.

Sari, A. D., Wijaya, N. M. S., & Negara, I. M. K. (2023). Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Nusantara Ke Bali Zoo Pada Era New Normal. Jurnal IPTA, 10(2), 206. https://doi.org/10.24843/ipta.2022.v10.i02.p03

Sari, S. P. (2020). Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 147. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i1.4870

Suwarduki, P. R., & Yulianto, E. (2016). Pengaruh electronic word of mouth terhadap citra destinasi serta dampaknya pada niat dan keputusan berkunjung (survei pada followers aktif akun instagram). Jurnal, 16(2), 1–10. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1449

Taryadi, A. R., & Miftahuddin, M. A. (2021). The Role of Mediation Electronic Word of Mouth (E-WoM) in Relationship Quality of Services and Tourism Products Against Visiting Decisions. Journal of Economics Research and Social Sciences, 5(1), 64–76. https://doi.org/10.18196/jerss.v5i1.10948

Widyanto, A., Sunarti, & Pengestuti, E. (2017). Pengaruh E-Wom Di Instagram Terhadap Minat Berkunjung Dan Dampaknya Pada Keputusan Berkunjung (Survei pada Pengunjung Hawai Waterpark Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 45(1), 94–101.




DOI: https://doi.org/10.62108/great.v1i2.737

Article metrics

Abstract views : 298 | views : 741

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) SEBI

AddressJl. Raya Bojongsari, Pondok Rangga, Kec. Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat 16517, Indonesia