Tinjauan Hukum Islam dan Hukum Positif Terhadap Program Penjual Afiliasi Shopee
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (INDONESIA)References
Gunawan, D. (2022). keputusan pembelian konsumen marketplace shopee berbasis social media marketing. PT Inovasi Pratama Internasional.
Hasan, M. A. (2003). Berbagai Macam Transaksi dalam Islam (Fiqh Muamalat). PT Raja Grafindo Persada.
Ichsan, A. (1987). Hukum Dagang. Pradnya Paramitha.
Mardani. (2013). Fiqh Ekonomi Syariah. Kencana.
Marzuki, P. M. (2008). Penelitian Hukum (4th ed.). Kencana.
Muhammad, A. (2004). Hukum dan Penelitian Hukum. CitraAditya Bakti.
Nawawi, I. (2012). Fikih Muamalah Klasik dan Kontemporer. Galia Indonesia.
Sholihin, A. I. (2010). Buku Pintar Ekonomi Syariah (1st ed.). Gramedia Pustaka Utama.
Soekardono, R. (1963). Hukum Dagang Indonesia. Soeroengan.
Ibnu Rusyd (2007) Bidayatu ‘I-Mujtahid, (terj. Abdurrahman dan A. Haris Abdullah), (Jakarta: Pusaka Amini) 230
Abdullah Bin Muhammad Ath-Thayyat (2009) Ensiklopedia Fiqih Muamalah Dalam Pandangan 4 Madzab, Terj. Miftahul Khairi (Yogyakarta : Maktabah Al-Hanif) 417.
B. Jurnal
Abduroman, D., Putra, H. M., & Nurdin, I. (2020). Tinjauan Fiqih Muamalah Terhadap Jual Beli Online. Ecopreneur : Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(2), 35. https://doi.org/10.47453/ecopreneur.v1i2.131
Andriyanti, E., & Farida, S. N. (2022). Pengaruh Viral Marketing Shopee Affiliate, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Shopee Indonesia (Studi Pada Generasi Z Pengguna Tiktok Di Sidoarjo). Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis Universitas Multi Data Palembang, 11(2), 228–241.
Ayu Amalia, F. (2022). Hukum Akad Syariah. Islamitsch Familierecht Journal, 3(1), 68–81.
Chong, D., & Ali, H. (2022). LITERATURE REVIEW : COMPETITIVE STRATEGY , COMPETITIVE ADVANTAGES , AND MARKETING PERFORMANCE ON E-COMMERCE SHOPEE INDONESIA. 3(2), 299–309.
Duffy, D. L. (2005). Affiliate marketing and its impact on e-commerce. Journal of Consumer Marketing, 22(3), 161–163. https://doi.org/10.1108/07363760510595986
Effendi, B. (2020). Asas Akad Ekonomi Islam Perspektif KHES ( Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah ). 8(2), 70–81.
Fitria, T. N. (2017). Bisnis Jual Beli Online (Online Shop) Dalam Hukum Islam Dan Hukum Negara. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 3(01), 52. https://doi.org/10.29040/jiei.v3i01.99
Gumanti, R. (2012). Syarat Sahnya Perjanjian (Ditinjau Dari KUHPerdata) Retna Gumanti Abstrak. Jurnal Pelangi Ilmu, 5(1), 2.
Istikomah, N., & Hartono, B. (2022). Analisis Persepsi Promosi Gratis Ongkos Kirim (Ongkir) Shopee Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis Kompetitif, 1(2), 49–57. https://doi.org/10.35446/bisniskompetif.v1i2.1011
Laili Hidayati, N. (2018). Pengaruh Viral Marketing, Online Consumer Reviews Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Shopee Di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 06(3), 77–84.
Nawawie, K. (2018). Hubungan Dan Akibat Hukum Pihak-Pihak Dalam Kesepakatan Penggunaan Layanan Fitur Go-Food Go-Jek Ditinjau Dari Segi Perjanjian Berdasarkan Kitab Undang-Undang Hukum Perdata,. Jurnal Varia Hukum, 2(39), 2.
Purwosutjipto. (1994). Pengertian Pokok Hukum Dagang Indonesia. Djambatan.
Rahman, F. (2020). Praktik Affiliate Marketing pada Platform E-commerce dalam Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah. https://doi.org/10.35316/istidlal.v6i1.407
Rahman, F. (2022). Praktik Affiliate Marketing pada Platform E-commerce dalam Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah. Istidlal: Jurnal Ekonomi Dan Hukum Islam, 6(1), 24–37. https://doi.org/10.35316/istidlal.v6i1.407
Rahmawati, A. S., & Dewi, R. P. (2020). Konsep Akad Dalam Lingkup Ekonomi Syariah. PENGARUH PENGGUNAAN PASTA LABU KUNING (Cucurbita Moschata) UNTUK SUBSTITUSI TEPUNG TERIGU DENGAN PENAMBAHAN TEPUNG ANGKAK DALAM PEMBUATAN MIE KERING, 3, 274–282.
Sarwat, A., & Ma, L. (2018). Fiqih Jual-beli Fatih Fayyad & Fawwaz Faqih.
Seran, M. & S. A. M. W. (2006). Penggunaan Klausula Eksonerasi dalam Perjanjian dan Perlindungan Hukum Bagi Konsumen. In Jurnal Hukum Pro Justicia: Vol. XXIV (pp. 159–170).
Syaifuddin, A. M., & , Ruslang, Hasriani, S. M. (2022). Journal of Islamic Economics. 4, 109–120. https://doi.org/10.37146/ajie.V4i2.176
Widayani, A. (2020). Marketplace Shopee Sebagai Media Promosi Penjualan UMKM di Kota Blitar Marketplace Shopee Sebagai Media Promosi Penjualan Umkm di Kota Blitar. October. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v4i1.7087
Wirapraja, A., & Aribowo, H. (2018). Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Solusi Inovasi Dalam Menjaga Sustainability Bisnis. Teknika, 7(1), 66–72. https://doi.org/10.34148/teknika.v7i1.86
Yanti, I., Nasution, M. I. P., & Sundari, S. S. A. (2023). Peran Shopee Affiliate Terhadap Peluang Kerja. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis (JEMB), 1(1), 23–26. https://doi.org/10.47233/jemb.v1i1.449
C. Website
Nisrina, A. (2022). Kenali Shopee Affiliate, Shopee Influencer, dan Shopee Partner. Shopee. https://shopee.co.id/inspirasi-shopee/jenis-jenis-shopee-Affiliates-program/
Shopee indonesia. (2023). Tentang Program Afiliasi Penjual. Shopee Artikel. https://seller.shopee.co.id/edu/article/8174
Shopee indonesia. (2021). [Shopee Affiliates Program] Bagaimana perhitungan pajak dari Komisi Shopee Affiliates Program? Shopee. https://help.shopee.co.id/portal/4/article/73621-Bagaimana-perhitungan-pajak-dari-komisi-Shopee-Affiliates-Program-yang-dihasilkan%3F
D. Peraturan
/DSN-MUI/XII/2007 Tentang AKAD JU’ALAH, (2007).
Kitab Undang-Undang Hukum Dagang Tentang Perjanjian.
Kitab Undang-Undang Hukum Perdata Tentang Komisioner.
DOI: https://doi.org/10.61111/jfcft.v3i2.1016
Article metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Journal of Fiqh in Contemporary Financial Transactions
Department of Islamic Economics Law
Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) SEBI
Jl. Raya Bojongsari, Depok Jawa Barat 16517 Indonesia