Tinjauan Hukum Islam dan Hukum Positif Terhadap Program Penjual Afiliasi Shopee

Sahla Azkia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui meka­nisme Program Shopee Affiliate Penjual serta mengetahui pandangannya dalam hukum Islam dan hukum positif di Indonesia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian hukum normatif-empiris bersifat kualitatif dengan pendekatan perundang-undangan. Data primer diperoleh dari observasi dan dokumentasi terkait Program Shopee Affiliate Penjual, sedangkan data sekunder diperoleh dari peraturan seperti KUH Perdata tentang perjanjian, KUH Dagang tentang Komisioner, dan Fatwa DSN-MUI. Kesimpulan penelitian ini adalah pertama, Program Shopee Affiliate Penjual menerapkan sistem komisi dari klik tautan, yaitu komisi diberikan jika terjadi penjualan setelah dipotong pajak. Kedua, hubungan hukum antara Shopee dan afiliator penjual dalam program Shopee Affiliate penjual menurut hukum islam memiliki kesamaan dengan akad ju’alah. Sedangkan menurut hukum positif ditinjau dari KUH Perdata tentang perjanjian merupakan relasi kerjasama kemitraan berdasarkan perjanjian yang jelas sesuai ketentuan dan ditinjau dari KUHDagang tentang Komisioner, afiliator penjual membantu Shopee untuk menghubungkan dengan pihak ketiga, yaitu konsumen dalam memperoleh data traffic pembelian konsumen

Keywords


Hukum Islam, Hukum Positif, Sistem Affiliate Penjual, Marketplace; Shopee

Full Text:

PDF (INDONESIA)

References


Gunawan, D. (2022). keputusan pembelian konsumen marketplace shopee berbasis social media marketing. PT Inovasi Pratama Internasional.

Hasan, M. A. (2003). Berbagai Macam Transaksi dalam Islam (Fiqh Muamalat). PT Raja Grafindo Persada.

Ichsan, A. (1987). Hukum Dagang. Pradnya Paramitha.

Mardani. (2013). Fiqh Ekonomi Syariah. Kencana.

Marzuki, P. M. (2008). Penelitian Hukum (4th ed.). Kencana.

Muhammad, A. (2004). Hukum dan Penelitian Hukum. CitraAditya Bakti.

Nawawi, I. (2012). Fikih Muamalah Klasik dan Kontemporer. Galia Indonesia.

Sholihin, A. I. (2010). Buku Pintar Ekonomi Syariah (1st ed.). Gramedia Pustaka Utama.

Soekardono, R. (1963). Hukum Dagang Indonesia. Soeroengan.

Ibnu Rusyd (2007) Bidayatu ‘I-Mujtahid, (terj. Abdurrahman dan A. Haris Abdullah), (Jakarta: Pusaka Amini) 230

Abdullah Bin Muhammad Ath-Thayyat (2009) Ensiklopedia Fiqih Muamalah Dalam Pandangan 4 Madzab, Terj. Miftahul Khairi (Yogyakarta : Maktabah Al-Hanif) 417.

B. Jurnal

Abduroman, D., Putra, H. M., & Nurdin, I. (2020). Tinjauan Fiqih Muamalah Terhadap Jual Beli Online. Ecopreneur : Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(2), 35. https://doi.org/10.47453/ecopreneur.v1i2.131

Andriyanti, E., & Farida, S. N. (2022). Pengaruh Viral Marketing Shopee Affiliate, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Shopee Indonesia (Studi Pada Generasi Z Pengguna Tiktok Di Sidoarjo). Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis Universitas Multi Data Palembang, 11(2), 228–241.

Ayu Amalia, F. (2022). Hukum Akad Syariah. Islamitsch Familierecht Journal, 3(1), 68–81.

Chong, D., & Ali, H. (2022). LITERATURE REVIEW : COMPETITIVE STRATEGY , COMPETITIVE ADVANTAGES , AND MARKETING PERFORMANCE ON E-COMMERCE SHOPEE INDONESIA. 3(2), 299–309.

Duffy, D. L. (2005). Affiliate marketing and its impact on e-commerce. Journal of Consumer Marketing, 22(3), 161–163. https://doi.org/10.1108/07363760510595986

Effendi, B. (2020). Asas Akad Ekonomi Islam Perspektif KHES ( Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah ). 8(2), 70–81.

Fitria, T. N. (2017). Bisnis Jual Beli Online (Online Shop) Dalam Hukum Islam Dan Hukum Negara. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 3(01), 52. https://doi.org/10.29040/jiei.v3i01.99

Gumanti, R. (2012). Syarat Sahnya Perjanjian (Ditinjau Dari KUHPerdata) Retna Gumanti Abstrak. Jurnal Pelangi Ilmu, 5(1), 2.

Istikomah, N., & Hartono, B. (2022). Analisis Persepsi Promosi Gratis Ongkos Kirim (Ongkir) Shopee Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis Kompetitif, 1(2), 49–57. https://doi.org/10.35446/bisniskompetif.v1i2.1011

Laili Hidayati, N. (2018). Pengaruh Viral Marketing, Online Consumer Reviews Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Shopee Di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 06(3), 77–84.

Nawawie, K. (2018). Hubungan Dan Akibat Hukum Pihak-Pihak Dalam Kesepakatan Penggunaan Layanan Fitur Go-Food Go-Jek Ditinjau Dari Segi Perjanjian Berdasarkan Kitab Undang-Undang Hukum Perdata,. Jurnal Varia Hukum, 2(39), 2.

Purwosutjipto. (1994). Pengertian Pokok Hukum Dagang Indonesia. Djambatan.

Rahman, F. (2020). Praktik Affiliate Marketing pada Platform E-commerce dalam Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah. https://doi.org/10.35316/istidlal.v6i1.407

Rahman, F. (2022). Praktik Affiliate Marketing pada Platform E-commerce dalam Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah. Istidlal: Jurnal Ekonomi Dan Hukum Islam, 6(1), 24–37. https://doi.org/10.35316/istidlal.v6i1.407

Rahmawati, A. S., & Dewi, R. P. (2020). Konsep Akad Dalam Lingkup Ekonomi Syariah. PENGARUH PENGGUNAAN PASTA LABU KUNING (Cucurbita Moschata) UNTUK SUBSTITUSI TEPUNG TERIGU DENGAN PENAMBAHAN TEPUNG ANGKAK DALAM PEMBUATAN MIE KERING, 3, 274–282.

Sarwat, A., & Ma, L. (2018). Fiqih Jual-beli Fatih Fayyad & Fawwaz Faqih.

Seran, M. & S. A. M. W. (2006). Penggunaan Klausula Eksonerasi dalam Perjanjian dan Perlindungan Hukum Bagi Konsumen. In Jurnal Hukum Pro Justicia: Vol. XXIV (pp. 159–170).

Syaifuddin, A. M., & , Ruslang, Hasriani, S. M. (2022). Journal of Islamic Economics. 4, 109–120. https://doi.org/10.37146/ajie.V4i2.176

Widayani, A. (2020). Marketplace Shopee Sebagai Media Promosi Penjualan UMKM di Kota Blitar Marketplace Shopee Sebagai Media Promosi Penjualan Umkm di Kota Blitar. October. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v4i1.7087

Wirapraja, A., & Aribowo, H. (2018). Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Solusi Inovasi Dalam Menjaga Sustainability Bisnis. Teknika, 7(1), 66–72. https://doi.org/10.34148/teknika.v7i1.86

Yanti, I., Nasution, M. I. P., & Sundari, S. S. A. (2023). Peran Shopee Affiliate Terhadap Peluang Kerja. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis (JEMB), 1(1), 23–26. https://doi.org/10.47233/jemb.v1i1.449

C. Website

Nisrina, A. (2022). Kenali Shopee Affiliate, Shopee Influencer, dan Shopee Partner. Shopee. https://shopee.co.id/inspirasi-shopee/jenis-jenis-shopee-Affiliates-program/

Shopee indonesia. (2023). Tentang Program Afiliasi Penjual. Shopee Artikel. https://seller.shopee.co.id/edu/article/8174

Shopee indonesia. (2021). [Shopee Affiliates Program] Bagaimana perhitungan pajak dari Komisi Shopee Affiliates Program? Shopee. https://help.shopee.co.id/portal/4/article/73621-Bagaimana-perhitungan-pajak-dari-komisi-Shopee-Affiliates-Program-yang-dihasilkan%3F

D. Peraturan

/DSN-MUI/XII/2007 Tentang AKAD JU’ALAH, (2007).

Kitab Undang-Undang Hukum Dagang Tentang Perjanjian.

Kitab Undang-Undang Hukum Perdata Tentang Komisioner.




DOI: https://doi.org/10.61111/jfcft.v3i2.1016

Article metrics

Abstract views : 73 | views : 71

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Journal of Fiqh in Contemporary Financial Transactions

Department of Islamic Economics Law

Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) SEBI

Jl. Raya Bojongsari, Depok Jawa Barat 16517 Indonesia