Analysis of PIXY Cosmetics Purchase Factors

Tiolina Evi, Ign. Septo Pramesworo

Abstract


The purpose of this study was to analyze the effect of product quality, price and promotion on purchasing decisions of fairy cosmetics. The data used in this study were obtained from primary data using a questionnaire distributed to 100 respondents who use pixy cosmetics who live in Jakarta, which were determined using a purposive sampling technique. The analysis used in this study was multiple linear analysis, which was processed using the SPSS version 25 application. The results showed that product quality had a positive and significant effect on purchasing decisions, Price had a positive and significant effect on purchasing decisions, Motivation had a positive and significant effect on purchasing decisions . The promotion waas the most dominant influence compared to others.


Keywords


Product Quality; Price; Promotion; Purchase Decision

Full Text:

PDF

References


Amrullah, A., Siburian, P. S., & Zainurossalamia, S. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda. KINERJA, 13(2), 99-118.

Arifai, A. A., & Trihandayani, Z. (2018). Harga, Kualitas Produk Dan Merek terhadap Keputusan Pembelian Tas KW Cartier di Kalangan Mahasiswi sebagai Penunjang Penampilan Kuliah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 8(3), 16-22.

Basu Swastha Dharmmesta Dan T. Hani Handoko. (2013). Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen, Edisi Pertama. BPFE, Yogyakarta.

Bimatara, W. A. (2018). Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Minuman Coklat Semut Di Kota Mojokerto (Doctoral Dissertation, Universitas 17 Agustus 1945).

Brata, B. H., Husani, S., & Ali, H. (2017). The Influence Of Quality Products, Price, Promotion, And Location to Product Purchase Decision on Nitchi at PT. Jaya Swarasa Agung in Central Jakarta. Saudi Journal of Business And Management Studies, 2(4), 357-374.

Gerung, C. J., Sepang, J., & Loindong, S. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Nissan X-Trail Pada Pt. Wahana Wirawan Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(2), 2221-2229.

Gulliando, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Iklan, Dan Persepsi Harga terhadap Proses Keputusan Pembelian Produk Layanan Telkomsel (Doctoral Dissertation, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng).

Hidayatullah, M. F., Wadud, M., & Roswaty, R. (2020). Pengaruh Promosi Dan Inovasi Produk terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza (Studi Kasus di Auto 2000 Veteran Palembang). Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 1(2), 19-31.

Immawati, S. A., & Budi, A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Hijab Yang Diproduksi PT.

Hijab Alila. Jurnal Comparative: Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 117-136

Insani, N. A., & Madiawati, P. N. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi terhadap Loyalitas Pelanggan GoFood di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(3), 112-122.

Kapahang, N. F., Tampi, J. R., & Rogahang, J. J. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga terhadap Keputusan Membeli (Studi pada Konsumen Dodol Salak Produksi Desa Pangu). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 4(4), 1-5.

Lesmana, R., & Ayu, S. D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah PT Paragon Tehnology And Innovation. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(3), 59-72.

May, S. A. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Ms Glow Cabang Di Klaten (Doctoral dissertation, Universitas Widya Dharma Klaten).

Muhammad, A. F., & Saputri, M. E. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Konsumen Wingman Denim Bandung. eProceedings of Management, 7(1).

Muhamad Irza, I. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Fiber Internet Indihome di Kelurahan Duren Sawit, Jakarta Timur (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta).

Pratama Yuni Asturo, Y. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Pada UMKM Benson Desain di Desa Pintu Jenangan Ponorogo (Doctoral dissertation,Universitas Muhammadiyah Ponorogo).

Rachma, S., & DS, A. H. (2018). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Sariayu Martha Tilaar di Konter Martha Tilaar Pasar Swalayan di Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(4), 201- 211.

Rahmatullah, R. F. (2016). Pengaruh Keragaman Produk Dan Periklanan terhadap Keputusan Pembelian (Survey pada Konsumen di Restauran Kandang Ayam Cabang Kebon Jati Andir Bandung) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas).

Rahmawati (2016). Manajemen Pemasaran. Samarinda: Mulawarman University Press.

Saputra, G. R., & Roswaty, R. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran 4P terhadap Keputusan Pembelian Pupuk Eceran di Toko Tani Makmur Pagar Alam Sumatera Selatan. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 1(2), 32- 45.

Sari, I. N., & Syahputra, S. (2021). Pengaruh Promosi di Media Sosial Instagram terhadap Minat Beli Konsumen Kripik_belings. eProceedings of Management, 8(4).

Sitorus, C. V., & Hidayat, A. M. (2019). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Iphone di Bandung Tahun 2019. eProceedings of Applied Science, 5(2).

Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, 4(1), 38-51.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung Alfabeta, CV.

Supriyadi, S., Wiyani, W., & Nugraha, G. I. K. (2017). Pengaruh

Kualitas Produk Dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 4(1), 74-85.

Taha, N. S. (2017). Pengaruh Inovasi Produk Dan Sales Promotion terhadap Keputusan Pembelian di The Centrum Restaurant (Survey terhadap konsumen The Centrum Restaurant) (Doctoral Dissertation, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis UNPAS Bandung).

Tolan, M. S., Pelleng, F. A., & Punuindoong, A. Y. (2021). Pengaruh Promosi terhadap Keputusan Pembelian di Online Shop Mita (Studi pada Masyarakat Kecamatan Wanea Kelurahan Karombasan Selatan Lingkungan IV Kota Manado). Productivity, 2 (5), 360-364.

Trisnowati, D. K., & Nugraha, H. S. (2016). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Bengkel PT. Astra International Tbk-Daihatsu Majapahit Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(4), 374-381.

Zein, F. M. (2018). Pengaruh Harga Dan Fitur Produk terhadap ProsesKeputusan Pembelian Smartphone Samsung Seri Galaxy J (Survei pada Mahasiswa/i Jurusan Manajemen Universitas Pasundan Bandung) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas).




DOI: https://doi.org/10.46899/jeps.v11i1.383

Article metrics

Abstract views : 579 | views : 398

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Ignatius Septo Pramesworo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By:

        BASE Logo     

 

AddressJl. Raya Bojongsari, Pondok Rangga, Kec. Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat 16517, Indonesia