Pengaruh Religiusitas dan Self Enhancement Terhadap Niat Memboikot pada Makanan Cepat Saji (Studi Kasus Konsumen Kota Depok)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh religiusitas dan self-enhancement terhadap niat memboikot produk makanan cepat saji Burger King di Kota Depok. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, pengumpulan data melalui kuesioner yang diisi oleh 98 responden. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis data menggunakan SEM PLS dengan bantuan software smart PLS versi 4.1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat memboikot. Individu yang memiliki religiusitas tinggi merasa bahwa memboikot produk tertentu merupakan bentuk tanggung jawab moral dan spiritual. Sedangkan self-enhancement juga memiliki pengaruh yang signifikan. Self-enhancement yang dimiliki individu, persepsi diri dan bagaimana orang lain melihatnya, terbukti mampu mendorong dirinya untuk bertindak sesuai dengan keyakinannya, seperti memboikot produk atau jasa yang dianggap bertentangan dengan prinsip pribadi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adawiyah, E. W., Purwinarti, T., Rosalina, E., & Ginting, R. (2024). ANALISIS PERILAKU BRAND SWITCHING KONSUMEN MCDONALD’S DI TENGAH KONFLIK ISRAEL–PALESTINA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN THEORY OF PLANNED BEHAVIOR:(Studi Kasus Pada Gen Z di Kota Depok Bulan Oktober 2023–Januari 2024). Jurnal Administrasi Profesional, 5(2), 88–98.
Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211.
Amarudin, A. A., Ananta, N. R., Khusna, N. N., Berliani, R. J., & Oktavianah, S. (2024). Analisis Literasi Halal Dan Preferensi Produk Yang Diboikot Pada Mahasiswa Universitas KH. A. Wahab Hasbullah. Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 3(1), 210–222.
Avci, I. (2024). Factors influencing the boycott intentions of Turkish consumers amid the Israel-Palestine conflict. Revista Brasileira de Gestão de Negócios, 26(4), e20240035.
Ayuningtyas, C. F., & Winasih, N. (2024). Pembentukan Opini gen Z beragama minoritas Melalui Gerakan Boikot Produk pro Israel. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS), 3, 522–530.
Balatbat, M. S., Ang, A. J. C., Castillo, K. C. O., Nañoz, J. E. R., Blasa-Cheng, A. C., Vergara, R. A. G., & Vergara, K. C. S. (2023). Check Out or Call Out: Attitude-Driven Boycott Intention in The Fashion Industry. International Journal of Multidisciplinary: Applied Business and Education Research, 4(10), 3653–3673.
Fahrudin, M. (2019). Hubungan religiusitas dengan pengambilan keputusan orang tua untuk memilih sekolah dengan sistem Kuttab di pendidikan iman dan Qur’an Baitul Izzah. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(2), 265–273.
Fakriza, R., & Nurdin, R. (2019). Pengaruh religiusitas terhadap boikot dengan loyalitas merek sebagai variabel moderasi pada KFC Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 4(1), 16–26.
Fitri, A., Nurwahidin, N., Fitriansyah, R., & Alfian, A. M. (2024). Muslim consumer intentions towards boycotted products affiliated with Israel in Indonesia. Innovative: Journal of Social Science Research, 4(3), 13926–13945.
Ghafur, A. (2018). Etika bisnis dalam perspektif Islam. Iqtishodiyah: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 4(1).
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil pelajar Pancasila sebagai upaya mewujudkan karakter bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238.
Jamal, A., & Sharifuddin, J. (2015). Perceived value and perceived usefulness of halal labeling: The role of religion and culture. Journal of Business Research, 68(5), 933–941.
Khoiruman, M., & Wariati, A. (2023). Analisa Motivasi Boikot (Boycott Motivation) Terhadap Produk Mc Donald Di Surakarta Pasca Serangan Israel Ke Palestina. Excellent, 10(2), 247–257.
Khraim, H. S. (2022). Exploring Factors Affecting Consumers’ Intentions to Boycott French Products in Jordan. Malaysian Journal of Consumer and Family Economics, 28, 355–377.
Klein, J. G., Smith, N. C., & John, A. (2004). Why we boycott: Consumer motivations for boycott participation. Journal of Marketing, 68(3), 92–109.
Kurniawati, M., & Toly, A. A. (2014). Analisis keadilan pajak, biaya kepatuhan, dan tarif pajak terhadap persepsi wajib pajak mengenai penggelapan pajak di Surabaya Barat. Petra Christian University.
Leary, M. R. (2007). Motivational and emotional aspects of the self. Annu. Rev. Psychol., 58(1), 317–344.
Lestari, P., & Jazil, T. (2024). The Role of Religiosity, Consumer Animosity, and Ethnocentrism in Explaining the Boycott Motivation. Journal of Islamic Economics and Finance Studies, 5(1), 134–152.
Lindenmeier, J., Tscheulin, D. K., & Jonas, C. (2009). Boykott öffentlicher Organisationen—Eine befragungsgestützte Analyse der Neigung zu einem hypothetischen Boykott der Gebühreneinzugszentrale (GEZ). Zeitschrift Für Öffentliche Und Gemeinwirtschaftliche Unternehmen: ZögU/Journal for Public and Nonprofit Services, 240–257.
Martoyo, A., Susilawati, E., Kusumawardhani, N., Dawis, A. M., Novalia, N., Fransisca, Y., Permadi, I. K. O., Yuniawati, R. I., Susanti, L., & Hikmawati, E. (2022). Manajemen Bisnis. TOHAR MEDIA.
Mukhtar, A., & Butt, M. M. (2012). Intention to choose Halal products: the role of religiosity. Journal of Islamic Marketing, 3(2), 108–120.
Pakpahan, D. P. (2021). Kecerdasan spiritual (SQ) dan kecerdasan intelektual (IQ) dalam moralitas remaja berpacaran upaya mewujudkan manusia yang seutuhnya. Ahlimedia Book.
Pratiwi, B., Jannah, K. M., Saraswati, R., Raihanah, S., & Suhud, U. (2021). Analisis Pengaruh Intention to Boycott pada Konsumen Produk Perancis di Indonesia. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan, 2(1), 257–276.
Purmadani, A. S. (2014). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Optimisme Pada Remaja di Pengungsian Korban Erupsi Gunung SInabung. Universitas Medan Area.
Rahmawati, S. (2020). Pengaruh Nilai Religiusitas Dan Pengetahuan Produk Terhadap Keputusan Boikot Produk KFC (Studi Pada Konsumen Muslim Bandar Lampung). Jurnal Kompetitif Bisnis, 1(1), 10.
Romlah, S., & Rusdi, R. (2023). Pendidikan Agama Islam Sebagai Pilar Pembentukan Moral Dan Etika. Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan Dan Keilmuan Islam, 8(1), 67–85.
Sari, D. K., & Games, D. (2024). Investigating young consumer’s boycott behavior in an emerging market. Cogent Business & Management, 11(1), 2362444.
Sunanda, W. D. (2020). Pengaruh kepemimpinan Islami dan religiusitas terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja karyawan sebagai variabel intervening (Studi kasus pada waroeng spesial sambal). Jurnal Ilmu Manajemen, 17(1), 20–36.
Violin, A., Harto, B., & Lubis, M. H. (2024). Efektivitas Strategi Crisis Management dalam Digital Marketing McDonald’s dan Respon terhadap Boikot di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), 2168–2180.
DOI: https://doi.org/10.61111/great.v2i2.913
Article metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Institut Agama Islam (IAI) SEBI
Address: Jl. Raya Bojongsari, Pondok Rangga, Kec. Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat 16517, Indonesia