Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pada Toko Ritel Di Desa Wanasari Kabupaten Bekasi
Abstract
Banyaknya jenis toko ritel menjadi persaingan antara satu dengan yang lainnya untuk mendapatkan konsumen agar berbelanja di toko ritel yang ia kelola. Desa Wanasari merupakan desa yang terletak di penyanggah ibu kota, adalah tempat strategis untuk berbisnis, saat ini sudah banyak toko ritel modern disana. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keterkaitan antara faktor harga, kualitas, dan kelengkapan barang terhadap keputusan pembelian masyarakat berbelanja pada toko ritel. Adapun metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis dari 100 sampel diketahui berdasarkan hasil uji regresi bahwa variabel harga dan kualitas berpengaruh kepada minat masyarakat berbelanja. Sedangkan variabel kelengkapan tidak berpengaruh signifikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdillah, W. D. 2015. Partial Least Square (Pls) Alternatif Structural Equation Modelling (Sem) Dalam Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Andi.
Alwisol. 2009. Psikologi Kepribadian, Edisi Revisi. Malang: UMM Press.
Assauri, Sofjan. 2002. Manajemen Pemasaran (Dasar, Konsep Dan Strategi). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Aust, Franz A. 1911. “The Electrical Discharge between a Pointed Conductor and a Hemispherical Surface in Gases at Different Pressures.” Physical Review (Series I) 32(2): 254–55.
Basrah Saidani, Samsul Arifin. 2012. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Pada Ranch Market.” Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI) Vol. 3, No: 192.
Bekasi, Badan Pusat Statistik Kabupaten. 2019. “Badan Pusat Statistik Kabupaten Bekasi.” Januari 2019. https://bekasikab.bps.go.id/indicator/12/98/1/jumlah-penduduk-kecamatan-cibitung-menurut-jenis-kelamin-dan-desa-kelurahan-.html (January 9, 2022).
CEIC. 2022. “Indonesia | Pertumbuhan Penjualan Ritel | 2011 – 2022 | Indikator Ekonomi | CEIC.” www.ceicdata.com: 1–1. https://www.ceicdata.com/id/indicator/indonesia/retail-sales-growth (February 3, 2022).
Fitra, Zyaul, and Nevi Hasnita. 2018. “Ekobis : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Syariah Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belanja Konsumen Remaja Banda.”
Fitrio, Tomy. 2018. “Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Memilih Minimarket Sebagai Tempat Berbelanja Pada Minimarket Di Kota Rengat.” Jurnal Manajemen dan Bisnis 7(4): 155–71.
Fowler, Deborah C. et al. 2012. “Tourism Shopping in Rural Markets: A Case Study in Rural Iowa.” International Journal of Culture, Tourism and Hospitality Research 6(3): 194–208.
Fraenkel, Jack R, and Norman E Wallen. 2012. “How to Design and Evaluate Research in Education By.”
Ghanimata, Fifyanita, and Mustafa Kamal. 2012. “Analisis Pengaruh Produk, Harga, Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian.” Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Undip 1(2): 159–69.
Ghozali, I. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Spss.Cet. KeEmpat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2006. Structural Equation Modeling Metode Alternatif Dengan Partial Least Square. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gillin, J.L dan J.P. Gillin. 1954. Cultural Sociology. New York: The Me Millan Co.
Handoko, Basu Swastha dan Hani. 1980. edisi pert Manajemen Perusahaan Analisa Perilaku Konsumen. Edisi Pert. Yogyakarta: Liberty.
Herskovits, M.J. 1938. Acculturation: The Study of Culture Contact. New York: Augustin.
JABAR, OPEN DATA. 2021. “Jumlah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Berdasarkan Kabupaten/Kota Di Jawa Barat.” opendata.jabarprov.go.id: 1–1. https://opendata.jabarprov.go.id/id/dataset/jumlah-usaha-mikro-kecil-menengah-umkm-berdasarkan-kabupatenkota-di-jawa-barat (March 28, 2022).
James, Roger, Dan Paul. 1995. Keenam Perilaku Konsumen Jilid 2. Jakarta: Binapura Aksara.
Kotler. 1996. “The Marketing Response.”
Kotler, Philip & Gerry Armstrong. 2014. Principle Of Marketing. New Jersey: Pearson Pretice Hall.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2016. “Marketing Managemen.” 15th Editi(Pearson Education, Inc).
Lupiyoadi. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa Teori Dan Praktek. Jakarta: Salemba Empat.
Maslow, Abraham H. 2010. Motivation and Personality. Jakarta: Rajawali,.
Natalia, Lia. 2010. “Analisis Faktor Yang Memengaruh Minat Konsumen Untuk Berbelanja Pada Ginat Hypermarket Bekasi.” Jurnal Skripsi Jurusan Manajemen: 1–11.
Nurhikmah. 2018. “Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Pembeli Di Indomaret Kecamatan Pangkajene.” (1).
Patel, Jayesh D., and Yupal S. Shukla. 2016. “Consumer Shopping Orientation: Identification and Characterization of Outshoppers.” Journal of Indian Business Research 8(1): 43–64.
Pujadi, Bambang. 2010. “Studi Tentang Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Melalui Sikap Terhadap Merek.” Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science) Vol. 9: 59–76.
Rahma, Eva. 2007. “Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian.” Skripsi 2(1): 1–84.
Schiffman, Leon, & Kanuk, Leslie Lazar. 2007. Consumer Behaviour 7 Th. Edition. (Perilaku Konsumen). Jakarta: PT. Indeks.
Silalahi, Ulber. 2018. “Metode Penelitian.” Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan: 216.
Simamora, Bilson. 2008. Panduan Riset Prilaku Konsumen. Jakarta: PT Gramedia.
Siswosoebroto, Weber dalam A.A.G. Peters dan Koesriani. 1988. Perkembangan Hukum Modern Dan Rasional: Sosiologi Hukum Max Weber Dalam Hukum Dan Perkembangan Sosial. Buku Teks. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Soliha, Euis. 2008. “Analisis Industri Ritel Di Indonesia.” Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE) 15(2): 128–42.
Steinmetz, Ralg, Nahrstedt, Klara. 1995. Multimedia : Computing, Communications And Application. Prentice Hall Publishing Company: New Jersey.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Administratif. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Philip Kotler dan A. B. 1999. “Manajemen Pemasaran Di Indonesia.” pertama.
Syihabudhin, Sopiah Dan. 2008. Manajemen Bisnis Ritel. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.
Utami, Christina Whidya. 2006. “Manajemen Ritel, Strategi Dan Implementasi Operaional Bisnis Ritel Modern Di Indonesia.” In Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Wahyuni, S. 2015. Qualitative Reasearch Method. (D.Halim & L.Alfiah, Eds.) (Second Edi). Jakarta Selatan: Salemba Empat.
Wibowo. 2013. Manajemen Kinerja Edisi Ketiga. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Widodo, Tri. 2016. “Pengaruh Kelengkapan Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian, Studi Kasus Pada Swalayan Ada Baru Di Salatiga.” Among Makarti 09: 100.
Wood, Alien W. 1981. Karl Marx. London: Routledge & Kegan Paul.
Yamin, S., & Kurniawan, H. 2011. Generasi Baru Mengolah Data Penelitian Dengan Partial Least Square Path Modeling; Aplikasi Dengan Software XLSTAT, SmartPLS, Dan Visual PLS. Jakarta Selatan: Salemba Infotek.
Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Gabungan. Jakarta: Pt Fajar Interpratama Mandiri.
Zaiţ, A., & Bertea, P. S. P. E. 2011. “Methods for Testing Discriminant Validity.” Management & Marketing IX(2): 217–24.
DOI: https://doi.org/10.61111/great.v2i1.856
Article metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Institut Agama Islam (IAI) SEBI
Address: Jl. Raya Bojongsari, Pondok Rangga, Kec. Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat 16517, Indonesia