IMPLIKASI SERTIFIKAT HALAL DALAM MANAJEMEN BISNIS INDUSTRI MAKANAN DAN MINUMAN

Hartini Hartini, Malahayatie Malahayatie

Abstract


penelitian ini membahas mengenai Industri makanan dan minuman di Indonesia telah menunjukkan pertumbuhan yang signifikan, menjadi kontributor penting terhadap PDB industri pengolahan. Pertumbuhan ini sejalan dengan kesadaran masyarakat akan pentingnya konsumsi makanan dan minuman halal, terutama dengan tren global yang mengedepankan gaya hidup halal dan thayibban. Sertifikasi halal menjadi krusial dalam memenuhi tuntutan konsumen yang semakin peduli terhadap kehalalan produk. Sertifikasi ini memberikan jaminan bahwa produk telah memenuhi standar kehalalan dan kualitas, menjangkau pasar yang lebih luas, dan memperoleh kepercayaan konsumen. Namun, masih ada tantangan dalam penerapan sertifikasi halal secara menyeluruh, terutama terkait kurangnya kesadaran dan kepatuhan pelaku bisnis. Penelitian menunjukkan bahwa sertifikasi halal memiliki implikasi dalam manajemen bisnis, termasuk pengaruhnya terhadap strategi pemasaran, akses pasar global, dan efisiensi operasional. Manajemen bisnis syariah menjadi relevan dalam konteks ini, mengatur operasi bisnis berdasarkan prinsip-prinsip syariah untuk memastikan kepatuhan terhadap aturan dan prinsip yang ditetapkan Islam. Dengan memperkuat manajemen bisnis yang sesuai dengan prinsip syariah dan memanfaatkan sertifikasi halal, pelaku bisnis dapat meningkatkan daya saing, memperluas pasar, dan memperoleh kepercayaan konsumen, mendukung pertumbuhan industri makanan dan minuman halal di Indonesia dan secara global. Ditemukan bahwa sertifikasi halal memiliki dampak strategis dalam pemasaran produk, memberikan akses pasar global, dan memperkuat posisi pelaku bisnis. Implementasi manajemen bisnis syariah juga penting dalam memastikan kepatuhan terhadap prinsip-prinsip syariah dalam operasi bisnis. Dengan demikian, sertifikasi halal menjadi kunci untuk memasuki pasar yang lebih luas dan mempertahankan keunggulan kompetitif dalam industri makanan dan minuman.

Top of Form

Bottom of Form

 


Full Text:

PDF

References


Abdurahman, NH (2015). Manajemen Staragi Pemasaran, Pustaka Setia, (Jakarta)

Abdullah Ma’ruf M, and Budi Rahmat Hakim. Manajemen Bisnis Syariah. Manajemen Bisnis Syariah. 1st ed. Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2014

Akbarizan, Fitra Lestari, Hertina, Zulkifli, Sri Muryati, and Muhammad Abror. Bisnis Produk Halal Analisis Implementasi Rantai Pasok Produk Halal Di Australia. 1st ed. Yogyakarta: Kalimedia, 2018.

Alfarizi, Muhammad. “Peran Sertifikasi Halal Dan Kepatuhan Praktik Halal Terhadap Kinerja Bisnis Berkelanjutan: Investigasi Pemodelan Empiris Sektor UMKM Kuliner Nusantara.” Harmoni : Jurnal Multikultural & Multireligius22, no. 1 (2023)

Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal Kementerian Agama RI. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 2019 Tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal (2019).

Dinar Standard, “State of the Global Islamic Economy Report,” 2022.

Gesi, Burhanudin, Rahmat Laan, and Fauziyah Lamaya. “Manajemen Dan Eksekutif.” Jurnal Manajemen3, no. 2 (2019).

Imam Salehudin and Basuki Muhammad Mukhlish, “Pemasaran Halal: Konsep, Implikasi Dan Temuan Di Lapangan,” in Dulu Mendengar Sekarang Bicara : Kumpulan Tulisan Ekonom Muda FEUI(Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi UI, 2012) .

Irham, Muhammad Aqil. “Jadi Pembicara Forum APEC, Kepala BPJPH Yakinkan Sertifikasi Halal Adalah Peluang Dan Bukan Hambatan.” bpjph.halal.go.id, 2023.

Kementerian Agama Republik Indonesia. Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2021 Tentang Sertifikasi Halal Bagi Pelaku Usaha Mikro Dan Kecil (2021).

Kristiana, Bernadhetta Vivi, Anita Indrasari, and Idha Giyanti. “Halal Supply Chain Management Dalam Optimalisasi Penerapan Sertifikasi Halal UMKM.” Performa: Media Ilmiah Teknik Industri19, no. 2 (2020).

Maleha, Yanti Nova. “Manajemen Bisnis Dalam Islam.” Economica Sharia 1, no. 2 (2016).

Mustajab, Ridhwan. “Industri Makanan Dan Minuman Tumbuh 4,62% Pada Kuartal II/2023.” Data Indonesia.Id, 2023.

Subianto, Pratiwi. “Rantai Nilai Dan Perspektif Kesadaran Masyarakat Muslim Akan Makanan Halal.” In Conference on Islamic Management Accounting and Economics (CIMAE) Proceeding, 2019.

Suhadi. Pengantar Manajemen Dan Aplikasinya. Edited by Anis Eliyana. 1st ed. Yogyakarta: Gava Media, 2008.

Setiawan, Heri Cahyo Bagus, Beni Dwi Komara, and Aries Kurniawan. “Manajemen Bisnis Syariah Berbasis Kewirausahaan Di Pondok Pesantren Mukmin Mandiri Sidoaro.” SAUJANA:Jurnal Perbankan Syariah Dan Ekonomi Syariah2, no.1 (2020).

Syafitri, Mega Novita, Rania Salsabila, and Fitri Nur Latifah. “Urgensi Sertifikasi Halal Food Dalam Tinjauan Etika Bisnis Islam.” Al Iqtishod: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ekonomi Islam10, no. 1 (2022).

Tahliani Hani, “Sertifikasi Halal Dan Implikasinya Untuk Meningkatkan Daya Saing Perusahaan,” Syar’ie6, no. 1 (2023).

Warto and Samsuri, “Sertifikasi Halal Dan Implikasinya Bagi Bisnis Produk Halal Di Indonesia,” Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking2, no. 1 (2020).

Wirdyaningsih, Iffah Karimah, Aufi Qonitatus Syahida, and Annisah Marwah Nabilah. “The Optimization of Halal Certification in Indonesia:Finding Right Balance between Consumer and Businessmen Interest.” In 2nd International Conference on Law, Governance and Social Justice (ICOLGAS), 2020.




DOI: https://doi.org/10.62108/great.v1i2.688

Article metrics

Abstract views : 111 | views : 84

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) SEBI

AddressJl. Raya Bojongsari, Pondok Rangga, Kec. Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat 16517, Indonesia