Pengaruh Live Streaming dan Voucher Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen TikTok Shop di Kota Depok)

Ahmad Tsaqib Ramadhan, Wirda Hilwa

Abstract


Penelitian terdahulu mengenai alat promosi penjualan telah dilakukan dengan hasil yang menyatakan bahwa live streaming berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Akan tetapi penelitian mengenai voucher gratis ongkir menunjukkan tidak ada pengaruh terhadap keputusan pembelian. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh live streaming dan voucher gratis ongkos kirim terhadap keputusan pembelian pada konsumen marketplace TikTok Shop di Depok. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden menggunakan teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan metode Partial Least Square (PLS) mengunakan perangkat lunak SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh live streaming terhadap keputusan pembelian memiliki hubungan yang positif sebesar 0,210, dan signifikan dengan nilai T statistik 2,329 > 1,96 dan P value 0,020 < 0,05. Begitupun pengaruh voucher gratis ongkir terhadap variabel keputusan pembelian memiliki hubungan yang positif sebesar 0,650, dan signifikan dengan nilai T statistik 7,478 > 1,96 dan P value 0,00 < 0,05.

Keywords


Live Streaming; Voucher Gratis Ongkir; Keputusan Pembelian; Tiktok Shop

Full Text:

PDF

References


Amin, D. E. R., & Fikriyah, K. (2023). Pengaruh Live Streaming Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Muslim (Studi Kasus Pelanggan TikTok Shop di Surabaya). Jurnal Ilmiah Edunomika, 7(1).

Armstrong, G., & Kotler, P. (2005). Marketing : an introduction. Prentice Hall.

Ayuning. (2019). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Penjualan. Jurnal Administrasi Bisnis, 2(1), 21–28.

Berkowitz, E. N., Kerin, R. A., Hartley, S. W., & Rudelius, W. (2000). Marketing. In Marketing. Irwin, McGraw-Hill Boston.

Fitryani, F., Nanda, A. S., & Aristyanto, E. (2021). Peran impulsive buying saat live streaming pada masa pandemi covid-19 (studi kasus e-commerce shopee). Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(2), 542–555.

Hilwa, W. (2023). ICT untuk Bisnis. YPM Press.

Ibrahim, D. (2004). Smart selling “fish where the fish are” pendekatan baru untuk meningkatkan penjualan (R. L. Toruan, Ed.). Elex Media Komputindo.

Kotler, P. (2016). Marketing Management. Pearson Education.

Morissan. (2010). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu (Jefry, Ed.). Prenadamedia Group.

Politwika. (2017). 99 Langkah Sukses Berbisnis E-Commerce. Grasindo.

Qadarsi, J., & Utami, W. Y. (2021). Pengaruh Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional) Dan Voucher Gratis Ongkir Terhadap Tingkat Pembelian Di Online Market Place Shopee Kota Tangerang. Ekonomi Bisnis, 27(2), 816–824.

Saputra, G. G. , Fadhilah. (2022). Pengaruh Live Streaming Shopping Instagram Terhadap Kepercayaan Konsumen Online dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (Ekuitas), 4(2), 442–452.

Setyawan, R. A., & Marzuki, Y. (2018). Survei Aplikasi Video Live Streaming dan Chat di Kalangan Pelajar. Prosiding Seminar Nasional & Internasional, 1(1).

Song, C., & Liu, Y. (2021). The effect of live-streaming shopping on the consumer’s perceived risk and purchase intention in China.

Wahyuni, N. , I. A. , M. S. , & G. A. (2019). Pengenalan Dan Pemanfaatan Marketplace E-Commerce. Jurnal Pengabdian Dinamika, 6(1).

We are social & Hootsuite. (2022). Digital-2022-Indonesia-February-2022-v01_compressed.pdf. 24–84.

Widiastuti, S. , & P. D. J. (2021). Analisis Promosi Penjualan Kupon Gratis Ongkos Kirim Terhadap Perilaku Konsumtif (Survei Pada Konsumen Marketplace Shopee Di Kota Bandung Tahun 2021). E-Proceeding of Applied Science, 7(5), 1052–1059.




DOI: https://doi.org/10.62108/great.v1i2.683

Article metrics

Abstract views : 248 | views : 109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) SEBI

AddressJl. Raya Bojongsari, Pondok Rangga, Kec. Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat 16517, Indonesia