KONSEP MARKETING MIX SYARIAH

Patah Abdul Syukur, Fahmi Syahbudin

Abstract


ABSTRAK. Pokok permasalahan yang akan dibahas dalam penulisan ini adalah konsep marketing mix yang sesuai dengan syariah. Penilaian konsep marketing mix yang sesuai syariah ini menilai variabel Product (Produk), Price (Harga), Place (Penempatan), dan Promotion (Promosi) dengan aturan-aturan muamalah dalam islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan konsep marketing mix syariah, serta sebagai kontribusi keilmuan berkaitan dengan marketing mix syariah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori marketing, marketing mix, serta teori tentang muamalah yang
sesuai dengan syariah. Penelitian ini memfokuskan pada penilaian marketing mix dengan aturan-aturan muamalah dalam islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian pustaka baik bersumber data buku ataupun jurnal, sedangkan untuk aspek penilaiannya yaitu ditinjau dari Al -Qur’an, Hadits, Ijtihad para ulama, dan karya ilmiah yang berkaitan dengan penelitian. 
Penelitian ini menghasilkan konsep marketing mix yang sesuai dengan syariah meliputi variabel Product (Produk), Price (Harga), Place (Penempatan), dan Promotion (Promosi) yang telah disesuaikan dengan aturan-aturan dalam muamalah islam, penelitian ini juga sebagai saran bagi para pelaku bisnis yang ingin menjalankan bisnisnya sesuai syariat Islam. Sehingga konsep marketing mix syariah ini memiliki perbedaan dengan marketing mix pada umumnya karena telah disesuaikan dengan aturan muamalah dalam islam.

Kata kunci: marketing, marketing mix, marketing mix syariah

ABSTRACT. The main issues will be discussed in writing this is how the
concept of marketing mix according to sharia. Assessment the concept of
marketing mix appropriate sharia this assess variable product, price, place, and promotion into rules muamalah in Islam. The purpose of this study is to find and explain the sharia marketing mix, and as a contribution scientific per taining to sharia marketing mix. A theory that used in this research that is the theory marketing, marketing mix, and a theory about muamalah in accordance with sharia. Methods used in this research is a literature study good sourced data book or journal , while on the aspect of this assessment that is in terms of the Al-Qur’an, Hadith, ijtihad ulama, and the work of scientific relating to the study.
This research come up with concepts marketing mix according to sharia
covering variable product, price, place, and promotion that has been adjusted for rules in Islamic him, the research also as a suggestion for actors businesses that would like to run business in accordance Islamic sharia. So that the concept of sharia marketing mix it has different to marketing mix in general because has been adjusted for rules him in Islam.


Keywords: marketing, marketing mix, sharia marketing mix


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.46899/jeps.v5i1.167

Article metrics

Abstract views : 9564 | views : 7768

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 JURNAL EKONOMI DAN PERBANKAN SYARIAH



Indexed By:

        BASE Logo     

 

AddressJl. Raya Bojongsari, Pondok Rangga, Kec. Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat 16517, Indonesia